1. Pengertian sarana dan prasarana transportasi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan sarana dan prasarana transportasi ?
  3. Apa arti kata sarana dan prasarana transportasi ?
  4. Apa itu sarana dan prasarana transportasi ?
  5. Apa perbedaan sarana dan prasarana transportasi?
  6. Sebutkan sarana dan prasarana transportasi!

Pengertian Sarana dan Prasarana Transportasi Menurut Para Ahli


Arti sarana dan prasarana transportasi adalah :

Pengertian sarana transportasi adalah alat transportasi yang digunakan baik di darat air ataupun udara. Contoh sarana transportasi adalah motor, mobil , kereta api, perahu, pesawat dan helikopter. Sedangkan prasarana transportasi adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menunjang sarana transportasi. Contoh prasarana transportasi adalah jalan raya, terminal, jalan tol, stasiun, pelabuhan, bandara dan rambu lalu lintas. (Rohmawati dkk : 2007) 


Transportasi adalah alat yang digunakan untuk memindahkan manusia atau berbagai jenis barang dari satu tempat ke tempat yang lain dengan bantuan mesin yang digerakkan oleh manusia atau mesin itu sendiri. Lalu apa pengertian serta contoh sarana dan prasarana transportasi di Indonesia?

Dalam transportasi, yang dimaksud dengan sarana adalah segala sesuatu yang digunakan agar dapat mencapai tujuan atau lokasi yang diinginkan. Contohnya adalah bus, kereta, mobil, sepeda motor, sepeda, pesawat, becak, dan jenis kendaraan lainnya. Penggunaan sarana kendaraan akan memudahkan manusia untuk melakukan aktivitasnya ketimbang harus berjalan kaki.

Sedangkan prasarana adalah fasilitas penunjang agar sarana yang digunakan dapat memiliki fungsinya masing-masing. Jika prasarana tidak tersedia, maka keberadaan sarana akan sia-sia. Contohnya adalah rambu lalu lintas, jalan raya, trotoar, dan lain sebagainya.

Perbedaan antara sarana dan prasarana tidaklah terlalu signifikan karena hanya terletak pada manfaat penggunaannya. Sarana dan prasarana unsurnya tidak dapat dipisahkan antara yang satu dengan yang lainnya karena memiliki keterkaitan yang sangat penting untuk mencapai suatu keberhasilan yang diinginkan. Dapat dikatakan suatu proses yang telah direncanakan tidak akan dapat berhasil seperti yang diharapkan apabila fasilitas penunjang yang digunakan tidak memadai atau tidak tersedia.

Dari contoh sarana dan prasarana di atas, bayangkan saja jika sarana atau prasarana tidak tersedia. Maka semuanya akan kacau. Contohnya: Indonesia memiliki pelabuhan, namun tidak memiliki kapal laut. Maka akan sia-sia karena pembangunan pelabuhan tidak akan bermanfaat dan mendatangkan keuntungan toh kapal laut yang notabene sebagai sarananya tidak tersedia.

Manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan sarana dan prasarana antara lain:

  • Menciptakan kenyamanan dalam kehidupan sehari-hari
  • Memberikan kemudahan akses dalam bekerja untuk mencapai apa yang diinginkan
  • Menciptakan kepuasan
  • Mempercepat proses kerja yang akan dilakukan
  • Dapat meningkatkan produktivitas jika sarana dan prasarana yang diperlukanmemadai atau tersedia
  • Hasil yang akan dicapai akan lebih baik dan kualitasnya juga bagus

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian sarana dan prasarana transportasi di Indonesia. Semoga kalian bisa menjelaskan jenis sarana dan prasarana transportasi darat air dan udara secara umum ya ! Baca juga pengertian sarana dan prasarana kantor 🙂