1. Pengertian sarkofagus dan fungsinya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan sarkofagus dan fungsinya ?
  3. Apa arti kata sarkofagus ? Apa itu sarkofagus dan fungsinya ?
  4. Apa ciri ciri dan fungsi sarkofagus ?
  5. Apa ciri ciri sarkofagus ?

Pengertian Sarkofagus dan Fungsinya Menurut Para Ahli


Arti sarkofagus adalah :

Definisi sarkofagus adalah suatu tempat jenazah yang terbuat dari dua buah batu besar yang ditangkupkan. Banyak sarkofagus ditemukan di daerah Bali dan Sumbawa Barat. (Drs. Anwar Kurnia & Drs. H. Moh Suryana : 2007)

Pengertian sarkofagus adalah peti mati yang terbuat dari satu batu utuh yang terdiri dari wadah serta tutupnya. Peti mati ini berisikan mayat yang diletakkan dalam posisi berbaring meringkuk. Sarkofagus di Indonesia banyak ditemukan di daerah Jawa Timur seperti Bondowoso dan Bali. Pada sarkofagus seringkali dipahatkan motif topeng atau kedok dalam berbagai ekspresi yang fungsinya adalah untuk melindungi roh orang yang mati tersebut dari gangguan ghaib. (Waluyo dkk : 2008) 


Pengertian Sarkofagus dan Fungsinya

Sarkofogus merupakan salah satu peninggalan dari jaman megalitikhum. Pengertian Sarkofogus adalah suatu tempat yang berfungsi untuk menyimpan jenazah. Sarkofogus berasal dari bahasa Yunani sarx yang berarti daging dan phagein yang berarti memakan. Sehingga jika digabungkan pengertian Sarkofogus memiliki arti sebagai memakan daging.

Apa ciri ciri dan fungsi sarkofagus ?

Sarkofogus ini pada zaman dahulu disimpan diatas tanah dengan tambahan berupa hiasan yang diukir dengan berbagai bentuk. Pembuatan dari ukiran tersebut juga tidak main-main karena diukir dengan teliti. Sarkofogus ada juga yang dibuat atau dibentuk sendiri namun ada juga sarkofogus yang dibuat secara bersamaan dan beberapa yang kemudian disimpan dibawah tanah.

Lain halnya di Mesir dimana sarkofogus berguna sebagai lapisan atau pelindung bagi mumi dari keluarga kerajaan. Sarkofogus ini kadang juga dipahat dengan menggunakan alabaster yang akan membuatnya menjadi memiliki tampilan yang berbeda.

Di Romawi, Sarkafogus juga digunakan untuk menyimpan mayat yang kemudian dibiarkan atau diletakkan di atas tanah saja. Namun hal ini kemudian berubah setelah datangnya agama Kristen yang mengharuskan mayat harus dikubur di dalam tanah.

Sedangkan untuk di Indonesia sendiri, sarkofogus ini lebih dikenal sebagai tradisi megalitik yang pernah ataupun yang masih hidup. Misalnya saja seperti Tapanuli, Sumba, Minahasa dan juga Jawa.

Sarkofogus yang merupakan sebuah peti jenazah ini dibuat dari batu bulat ataupun batu tunggal. Bentuk dari sarkofogus ini pun berbeda-beda, bisa dilihat dari setiap ukiran yang dibuat. Di Indonesia, lokasi yang masih terdapat begitu banyak sarkofagus adalah Bali. Disana sarkofogus masih dianggap sebagai benda yang sangat keramat dan magis.

Bahan yang digunakan untuk membuat sarkofogus ini cukup berbeda-beda. Ada sarkofogus yang dibuat dari batu kapur ada juga sarkofogus yang dibuat dari bahan logam.

Berbagai bentuk sarkofogus sudah ditemukan di dunia ini. Perbedaan bentuk atau tampilan dari sarkofogus ini berbeda tergantung dari corak yang akan diberikan. Perbedaan ini tergantung dari kebiasaan, adab ataupun juga tingkat seni dan kasta orang tersebut.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian sarkofagus dan fungsinya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian sarkofagus menhir dolmen secara umum ya ! Baca juga pengertian sapta pesonapengertian prasasti dan fungsinya 🙂