1. Pengertian saturasi dalam fotografi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan saturasi dalam fotografi ?
  3. Apa arti saturasi pada kamera ? Apa itu saturasi foto ?
  4. Apa arti saturation foto / arti saturasi di kamera?
  5. Bagaimana edit foto saturasi ?

Pengertian Saturasi Dalam Fotografi


Warna menjadi elemen utama dan menjadi hal yang paling penting dalam sebuah foto. Pertama kali mata melihat sebuah foto pasti langsung tertuju dengan warna-warna yang ditonjolkan. Apakah foto berwarna kontras? Apakah foto berwarna soft? Atau foto hanya berwarna hitam putih saja?

Warna pada foto yang kamu jepret biasanya ditentukan oleh sensor kamera yang kamu gunakan. Ada kamera yang memiliki kepekaan tinggi terhadap warna dasar Red, Green, Blue sehingga ketika kamu memotret obyek yang memiliki warna RGB maka akan terlihat kontras dan menyala. Namun ada juga kamera yang kurang peka terhadap warna dasar sehingga warna pada foto yang dihasilkan tidak terlalu menyala.

Beruntung di era digital ini kita tidak hanya terpaku pada hasil sensor kamera foto yang diolah dari kamera saja. Akan tetapi kita juga memiliki keleluasaan untuk mengolah warna pada foto agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan. Jika kamu menginginkan foto yang terlihat kontras dan menyala pada warna-warna dasarnya maka kamu harus mengatur tingkat saturasi foto serta white balance pada software pengolah foto.

Jika kamu belum memahami apa itu saturasi maka secara simpelnya, pengertian saturasi foto adalah tingkat kepekatan sebuah warna. Semakin tinggi kadar saturasi maka warnanya akan semakin kuat namun semakin rendah kadar saturasi maka warnanya juga akan semakin pudar hingga akhirnya berwarna hitam-ptih.

Warna-warna yang kontras pastinya memiliki tingkat saturasi yang tinggi sedangkan warna-warna soft seperti warna pasti tingkat saturasinya rendah. Untuk itu ketika kamu ingin fotomu terlihat lebih kontras dengan warna-warna Red, Green, Blue yang lebih menyala maka sebaiknya kamu meninggikan level saturasi hingga mencapai warna yang diinginkan. Begitu juga sebaliknya ketika kamu mengingkan foto yang soft dengan warna yang tidak terlalu mencolok maka kamu bisa mengolahnya dengan menurunkan level saturasi.

Untuk mengolah tingkat saturasi dalam sebuah foto bukanlah hal yang sulit. Meskipun tidak ada aturan khusus, namun ketika kamu mengatur tingkat saturasi sebuah foto usahakan agar tidak melenceng jauh dari warna aslinya sehingga foto tetap dapat terlihat natural. Jika ingin memaksimalkan warna foto agar lebih indah maka pelajari juga brightness dan lightness.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian saturasi dalam fotografi. Semoga bermanfaat!