1. Pengertian sawer dalam bahasa sunda itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan sawer dalam bahasa sunda ?
  3. Apa pengertian sawer panganten sunda ?
  4. Apa arti kata sawer ? Apa itu sawer ?
  5. Apa pengertian sawer panganten sunda / sawer khitanan ?

Pengertian Sawer Menurut Para Ahli


Arti sawer adalah :

Pengertian sawer adalah suatu hadiah yang diberikan penonton yang terkesan kepada para pemain yang sedang beraksi dalam suatu pementasan / pertunjukan.

Pengertian sawer dalam bahasa sunda adalah suatu upacara adat yang pada umumnya dilakukan di Sunda untuk mendoakan keselamatan dan keberuntungan bagi bayi yang baru lahir, anak yang baru dikhitan atau orang yang baru menaiki jenjang pernikahan. (Ajip Rosidi : 1966)

Pengertian sawer panganten sunda adalah suatu upacara adat yang memberikan nasihat kepada kedua mempelai agar saling mengasihi, dan dilanjutkan dengan mendoakan mereka agar mendapatkan kebahagiaan dan kesejahteraan dalam membina rumah tangga serta hidup rukun langgeng sampai akhir hayatnya. (Dewi Astuti & Risma Rismawati : 2009) 


Sawer pasti menjadi salah satu istilah yang sudah sangat sering untuk Anda dengar. Sawer sendiri merupakan istilah yang banyak digunakan dengan hal yang berhubungan dengan sinden dan juga pertunjukan.

Pengertian Sawer Menurut KBBI

Menurut KBBI pengertian sawer adalah meminta uang kepada penonton ataupun penonoton yang memberikannya uang kepada pemain tanpa diminta. Sawer dalam artian yang lain juga bisa sebagai menebarkan uang, beras ataupun lainnya yang menjadi undangan oleh pengantin.

Sawer sendiri memang ada beberapa pengertian. Ada sawer yang sering dilakukan dalam suatu pertunjukan namun ada juga sawer yang merupakan salah satu adat yang dilakukan dalam pengantin dan acara sunda. Kedua hal ini tentu berbeda sebab juga memiliki arti yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Pengertian Sawer Upacara Jawa

Upacara sawer merupakan upacara yang dilakukan dalam adat jawa. Pengertian sawer ini merupakan satu acara atau upacara dalam salah satu serangkaian adat jawa barat. Upacara sawer ini merupakan satu acara dimana dalam upcara tersebut membagikan ataupun menaburkan berbagai benda-benda kecil yang memiliki arti khusus yang dilakukan oleh kedua mempelai.

Setiap ritual yang dilakukan dalam acara pernikahan tentu akan memberikan arti khusus. Begitu juga dengan ritual sawer ini yang juga memiliki arti khusus. Arti dari penaburan benda-benda kecil tersebut adalah untuk simbol jika nanti kedua mempelai ketika sudah hidup senang dan mampan jangan smpai lupa untuk selalu bersedekah dengan sesama.

Proses sawer ini dilakukan dengan cara menyebar pada payung yang melindungi kedua mempelai. Kemudian ketika proses ini juru sawer akan mengiringi dengan tembang kidung yang dimana didalamnya berisi tentang nasihat yang bisa menjadi bekal bagi kedua mempelai untu bisa menempuh hidup yang baru dengan lebih baik lagi.

Bahan-bahan yang merupakan bahan untuk menjadi bahan sawer yang disebar diatnaranya seperti beras putih, kunyit, bungai rampai, uang logam, payung, sirih, permen dan berbagai benda kecil lainnya. Semua benda ini merupakan bentuk atau tampilan sebagai tanda untuk mendoakan kedua mempelai.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian sawer dalam bahasa sunda. Semoga kalian bisa menjelaskan apa yang dimaksud dengan sawer dalam bahasa sunda secara umum ya ! Baca juga pengertian sakramen & pengertian variasi 🙂