1. Pengertian shutter speed dalam fotografi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan shutter speed dalam photography ?
  3. Apa arti shutter speed dalam fotografi ? Apa itu shutter speed pada kamera?
  4. Apa fungsi shutter speed dalam pengambilan gambar ?
  5. Bagaimana teknik fotografi shutter speed?

Pengertian Shutter Speed Dalam Fotografi


Apa sih pengertian shutter speed dalam fotografi / pengertian shutter speed dalam kamera dslr?

pengertian shutter speed dan fungsinya – Kecepatan rana atau yang biasa disebut dengan shutter speed adalah kecepatan sensor pada lensa kamera membuka dan menutup untuk merekam cahaya yang masuk melalui lensa. Semakin lama rana terbuka maka semakin banyak pula cahaya yang terekam, dengan begitu foto yang dihasilkan juga akan lebih terang. Begitu pula sebaliknya, semakin cepat rana menutup maka cahaya yang terekam dalam sensor akan sedikit sehingga foto yang dihasilkan akan lebih gelap. Bagi fotografer pemula wajib hukumnya untuk menguasai teknik pengaturan shutter speed pada kamera, karena teknik ini akan menentukan bagaimana foto dihasilkan.

Bagaimana teknik kamera shutter speed / teknik fotografi menggunakan shutter speed?

Didalam kamera satuan kecepatan rana ditentukan oleh angka dalam satuan detik seperti 32, 16, 8, 4, 2, 1s, ½, ¼, 1/8, 1/16, 1/32, 1/64, 1/125, 1/250, 1/500, 1/1000, 1/2000, 1/4000, 1/8000, dan seterusnya. Pada angka-angka diatas menunjukkan cepat lambatnya bukaan rana kamera yang bisa disesuaikan oleh kebutuhanmu.

Deretan angka dari kiri ke kanan merupakan urutan cepat ke lambatnya rana merekam cahaya yang masuk ke sensor. Katakanlah kamu sedang memotret kendaraan yang sedang melintas di depanmu dengan menggunakan angka rana 1s maka hasilnya objek kendaraan yang kamu potret akan terlihat kabur. Sedangkan ketika kamu mengubah pengaturannya menjadi 1/250 maka foto kendaraan yang kamu bidik bisa masuk ke dalam frame dengan utuh tanpa kondisi blur atau kabur.

Pengaturan rana juga berfungsi dalam menentukan terang-gelapnya foto yang kamu hasilkan. Ketika hasil fotomu terlihat gelap meskipun sudah berada di luar ruangan yang terkena cahaya, maka bisa jadi kamu menggunakan angka rana dengan nilai terlalu kecil sehingga cahaya yang masuk ke sensor menjadi sedikit yang terekam. Maka dari itu sangat penting bagi fotografer pemula untuk menguasai teknik kecepatan rana terlebih dahulu sebelum mempelajari teknik fotografi lanjutan.

Setelah bisa menguasai teknik shutter speed dengan benar maka kamu akan bisa menentukan berapa angka shutter speed yang harus digunakan ketika memotret orang berlari, ketika memotret milky way, aerial, dan ketika memotret dengan konsep slow speed. Semua itu mudah dilakuakan ketika kamu sudah menguasai dan mengerti pengaturan shutter speed manual dalam kamera.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian shutter speed dalam fotografi / pengertian rana dalam fotografi. Nah semoga kalian semakin paham tentang apa kegunaan shutter speed pada kamera / fungsi shutter speed dalam fotografi ya!