1. Pengertian sianida dan kegunaannya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan sianida dan kegunaannya?
  3. Apa arti sianida dan fungsinya ?
  4. Apa itu sianida dan kegunaannyaa ?
  5. Apa itu racun sianida ?

Pengertian Sianida Menurut Para Ahli


Arti sianida adalah :

Pengertian sianida adalah senyawa kimia yang mempunyai kelompok siano C≡N dengan atom karbon terikat tiga ke atom nitrogen, yang merupakan racun mematikan karena zat ini membuat tubuh tidak bisa menggunakan oksigen untuk mempertahankan tubuhnya. Sianida bisa berbentuk gas seperti hidrogen sianida atau bisa juga dalam bentuk kristal. (Dr. Reysa Eka : 2013)

Definisi sianida adalah kelompok senyawa organik dan anorganik dengan siano (CN) sebagai struktur utama yang pada umumnya dihasilkan dalam pemrosesan logam. (Hefni Effendi : 2003) 


Sianida menjadi salah satu jenis zat yang melejit namanya setelah adanya kasus pembunuhan dengan menggunakan zat sianida. Sebenarnya sianida sudah menjadi salah satu jenis zat yang sudah dikenal sejak zaman dahulu. Bahkan sebenarnya sianida tidak memiliki fungsi yang hanya bisa mematikan saja tetapi juga memiliki fungsi dan kegunaan lainnya.

Pengertian Sianida adalah senyawa kimia monovalen yang kemudian membentuk kelompok CN. Selanjutnya kelompok ini dikenal sebagai kelompok siano yang termasuk dalam atom karbon yang kemudian berikatan rangkap tiga yang juga dalam atom nitrogen. Atom tersebut menjadi atom karbon terikat-tiga ke atom nitrogen.

Sianida ada juga yang termasuk dalam sianida anorganik. Yang termasuk dalam sianida jenis ini adalah natrium sianida dan juga kalium sianida. Gugus CN berfungsi sebagai ion sianida poliotomik yang merupakan muatan negatif dari senyawa ini yang juga termasuk dalam garam dari asam sianida. Senyawa ini juga merupakan sebuah senyawa yang cukup beracun kemudian ion sianida ini memiliki sifat isoelektronik dengan karbon monoksida dan juga nitrogen molekuler.

Ada juga sianida organik atau disebut dengan nitril. Sianida ini merupakan gugus CN yang kemudian terhubung dengan ikatan kovalen dalam gugus bermuatan karbon seperti metil (-CH3) pada metil sianida (asetonitril). Sianida jenis ini justru bukan termasuk dalam sianida yang sangat beracun karena tidak melepaskan ion sianida. Contoh yang terdapat sianida jenis ini adalah terdapat pada serat akrilik dimana tidak akan menimbulkan racun sama sekali kecuali jika dibakar.

Kegunaan Sianida

Apa kegunaan sianida dalam kehidupan sehari hari ?

Asam Sianida memiliki bentuk cairan dengan sifat yang mudah menguap. Ada berbagai fungsi dan kegunaan dari sianida ini. Contoh kegunaan sianida dalam kehidupan sehari hari adalah dalam produksi serat akrilik, karet sintesis dan juga plastik. Sianida juga sering digunakan dalam berbagai jenis atau proses kimia, seperti fumigasi, pengerasan besi dan baja, elektroplating dan juga permunian biji.

Terutama dalam bidang pertanian juga sangat membutuhkan sianida. Juga dalam bidang fotorgrafi dan juga industri logam. Bahkan sebesar 13% dari konsumsi sianida juga digunakan untuk memulihkan emas, tembaga, seng dan juga perak.


Itulah penjelasan singkat tentang sianida dan kegunaannya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian sianida dan fungsinya secara umum ya ! Baca juga pengertian sawer & pengertian viral  🙂