1. Pengertian sidang pleno dan sidang komisi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan sidang pleno dan sidang komisi ?
  3. Apa arti sidang komisi ? Apa itu sidang pleno ?
  4. Apa perbedaan sidang pleno dan sidang komisi ?
  5. Apa tujuan sidang pleno & contoh sidang pleno ?

Pengertian Sidang Pleno dan Sidang Komisi Menurut Para Ahli


Arti sidang pleno dan sidang komisi adalah :

Sidang adalah sebuah media sebagai lahan untuk berdiskusi secara formal yang melibatkan dua orang atau lebih di dalamnya dengan materi yang telah disepakati sebelumnya untuk mencapai kesepakatan bersama dengan menggunakan aturan yang jelas. Dalam musyawarah, pasti diperlukan persidangan untuk mengambil keputusan mana yang tepat untuk diambil dan diterapkan. Dalam persidangan sering terjadi perdebatan untuk mempertahankan gagasannya. Dalam hal ini dibutuhkan mekanisme penyampaian pendapat secara adil dan bergilir, agar tidak ada rasa sakit hati karena yang satu tidak menyampaikan pendapat.

Dalam sidang, dikenal berbagai jenis persidangan antara lain sidang pleno dan sidang komisi. Sudah tahukah kamu apa pengertian dari kedua sidang tersebut? Kalau belum, disimak ya ulasan berikut ini.

  1. Sidang Pleno

Pengertian sidang pleno adalah jenis sidang yang membahas permusyawaratan secara keseluruhan dan dilakukan oleh seorang majelis konstitusi dengan minimum jumlahnya tujuh orang. Contoh sidang pleno antara lain pembuatan tata tertib, pembahasan agenda, Laporan PertanggungJawaban (LPJ), sidang pleno DPR dan lain sebagainya. Sebelum bersidang diperlukan persiapan terlebih dahulu seperti agenda, tata tertib persidangan, dan kertas kerja.

Apa saja yang dibutuhkan saat proses sidang pleno berlangsung?

  • Palu untuk mengambil keputusan saat sidang
  • Papan tulis untuk mencatat pendapat atau usulan yang diutarakan atau disampaikan
  • Proyektor jika diperlukan untuk menampilkan hasil dari proses persidangan
  • Pengeras suara agar semua orang yang ada dalam ruangan mulai dari baris depan hingga baris belakang sidang mendengar apa yang sedang kita sampaikan

Apa saja syarat untuk melakukan sidang pleno?

  • Wajib diikuti oleh seluruh peserta dan peninjau dalam persidangan
  • Pokok bahasannya adalah tentang permusyawaratan
  • Dipimpin oleh seorang presidium karena sifatnya yang formal
  • Proses berlangsungnya sidang biasanya dipandu oleh seorang Steering Committee

Agar sidang pleno berjalan sesuai dengan yang diharapkan, ada baiknya jika memilih tempat persidangan yang aman, nyaman, dan bersih. Supaya fokus juga.

  1. Sidang Komisi

Pengertian sidang komisi adalah jenis sidang kelompok yang terdiri dari anggota masing-masing komisi yang secara khusus membahas materi yang menjadi tugas dari komisi yang bersangkutan. Jadi satu komisi hanya fokus bahas masalah yang ada di komisinya saja tanpa mengurusi masalah yang terjadi pada komisi lain.

Apa saja syarat untuk melakukan sidang komisi?

  • Hanya dihadiri oleh anggota komisi agar proses pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan mudah
  • Dipimpin oleh seorang ketua komisi, boleh juga dibantu oleh seorang sekretaris
  • Ketua komisi dipilih berdasarkan anggota komisi yang hadir
  • Peserta dan peninjau yang merupakan anggota dari masing-masing komisi ditentukan oleh sidang pleno
  • Keputusan yang diambil bukan merupakan keputusan tetap dan masih bisa berubah. Keputusan ini nantinya akan dibawa ke sidang pleno untuk dapat mencapai keputusan akhir seperti apa yang sesuai.

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian sidang pleno dan sidang komisi. Semoga artikel pengertian sidang komisi dan sidang pleno ini bisa membuat kamu semakin mengerti akan perbedaan sidang pleno dengan sidang komisi secara umum ya ! Baca juga pengertian skorsing 🙂