1. Pengertian skorsing karyawan itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan skorsing ?
  3. Apa arti arti skorsing karyawan ? Apa itu skorsing sekolah ?
  4. Apa pengertian skorsing dalam ketenagakerjaan ?
  5. Bagaimana prosedur skorsing & jangka waktu skorsing ?

Pengertian Skorsing Menurut Para Ahli


Arti skorsing adalah :

Pengertian skorsing adalah pemberhentian sementara dari jabatan atau kegiatan tertentu yang merupakan suatu bentuk hukuman.

Pengertian skorsing karyawan adalah pemberhentian sementara karyawan dari tugas pekerjaannya yang berujung kepada PHK. Hal ini dilakukan karena karyawan telah membuat suatu pelanggaran yang sangat serius seperti penggelapan barang, pencurian, minum minuman keras, memakai narkoba, melakukan tindakan kriminal baik di dalam ataupun di luar perusahaan, membocorkan rahasia perusahaan dsb.

Pengertian skorsing dalam persidangan adalah menghentikan sidang untuk sementara waktu dengan tujuan tertentu seperti lobby, istirahat, penundaan sidang dsb.

Pengertian skorsing sekolah adalah jenis sanksi yang diberlakukan pada siswa yang melanggar tata tertib sekolah yang tergolong pada pelanggaran berat, contohnya merokok, minum alkohol, narkoba, membawa senjata tajam dsb dimana siswa tersebut tidak boleh masuk mengikuti berbagai kegiatan belajar di sekolah untuk jangka waktu tertentu.

Pengertian skorsing mahasiswa adalah sanksi untuk tidak mengikuti kegiatan akademik dan pencabutan hak-hak sebagai mahasiswa dalam jangka waktu tertentu yang diakibatkan adanya pelanggaran peraturan disiplin yang dilakukan oleh mahasiswa.


Istilah ini sudah tidak asing lagi di kepala kita. Istilah ini sering digunakan sebagai bentuk punishment atau hukuman bagi seseorang. Dalam kamus terjemahan, pengertian skorsing ini memiliki arti (1) suspension;suspend;suspended (2) suspension (of student, sportsman, etc.).

Istilah skorsing ini sering digunakan sewaktu kita berada di bangku sekolah menengah pertama, menengah atas, maupun saat duduk di bangku kuliah. Skorsing ini diberikan saat kita melakukan kesalahan yang sama berulang kali sehingga kesalahan tersebut tidak bisa ditolerir atau dimaafkan lagi.

Secara umum, pengertian skorsing adalah suatu sanksi yang diberikan kepada seseorang yang melanggar aturan yang sudah ditetapkan. Hukumannya berupa pemberhentian dalam jangka waktu tertentu. Seperti yang sudah disebutkan, bentuk skorsing pada siswa seperti pemberhentian sementara dari sekolah, setelah melakukan pertimbangan dan memenuhi persyaratan yang diminta barulah siswa tersebut boleh lagi aktif dalam kegiatan proses belajar mengajar di sekolah.

Tidak hanya pada siswa saja, bentuk skorsing ini juga kadang diberikan sebuah perusahaan bagi karyawannya yang melanggar aturan dan melakukan kesalahan berat. Bentuk skorsingnya bukan pemberhentian sementara melainkan PHK (Pemberhentian Hubungan Kerja) untuk selamanya. Jadi karyawan tersebut sudah tidak diharapkan lagi kontribusinya di perusahaan tersebut.

Prosedur skorsing karyawan biasanya dilakukan dengan cara membuat surat skorsing (dibuat oleh atasan karyawan) dengan tembusan kepada manajemen tingkat atas serta karyawan yang di skorsing. Nantinya dalam jangka waktu skorsing tersebut, manajemen tingkat atas inilah yang akan memutuskan apakah alasan skorsing karyawan tersebut sudah layak atau tidak. Kalau dinilai layak maka karyawan tersebut akan di PHK, namun jika tidak, karyawan tersebut akan kembali bekerja seperti biasanya.

Tindakan skorsing ini dilakukan tidak lain untuk menghindari pengaruh buruk dari karyawan yang melakukan kesalahan tersebut seperti menghindari terhambatnya proses produksi perusahaan, merusak mesin-mesin produksi, dan melakukan bentuk pembelaan diri dengan menghilangkan barang bukti atas kesalahan yang telah diperbuat itu.

Proses PHK biasanya dilalui dengan mekanisme yang benar sesuai dengan Undang-Undang (UU) yang berlaku di Indonesia. Perusahaan yang melakukan tindak PHK kepada salah seorang karyawan juga diwajibkan untuk memberikan “pesangon” atau “uang ganti rugi” sebagai modal untuk karyawan meneruskan kehidupannya dan kembali berkarir di perusahaan lain. Jumlah pesangon yang diberikan juga tergolong besar, dihitung berdasarkan upah pokok tidak termasuk sub komponen upah seperti biaya overtime (lembur) dan biaya tunjangan lainnya.

Maka dari itu PHK gak boleh dilakukan asal-asalan, harus memang sesuai dengan peraturan. Sistem PHK yang dilakukan tidak sesuai aturan akan dikenakan pasal dalam UU di Indonesia, dan perusahaan bisa dituntut apabila tidak ditemukannya bukti yang jelas bahwa karyawan memang benar telah melakukan kesalahan.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian skorsing. Semoga kalian bisa memahami pengertian skorsing dalam ketenagakerjaan secara umum ya ! Baca juga pengertian nominator dan nomine 🙂