1. Pengertian spam dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan spam ?
  3. Apa arti kata spam ? Apa itu spam ?
  4. Apa pengertian spam pada email ?
  5. Apa pengertian spam filter ?

Pengertian Spam


Arti spam adalah :

Pengertian spam dan contohnya – Pada zaman modern yang serba digital seperti sekarang ini, rata-rata setiap orang sudah memiliki email. Setiap pengguna email pasti pernah mendapatkan email spam. Lalu apa sih pengertian spam pada email?

Pengertian spam pada email adalah jenis mail yang sama sekali tidak diinginkan oleh user / penerima karena email ini berisi berbagai macam iklan yang mengganggu kenyamanan. Contoh spam pada email adalah email promosi produk yang berkaitan tentang alat vital, iklan program investasi dan cara cepat kaya, software yang berisikan malware atau virus dsb. Salah satu kerugian spam ini adalah bisa membuang waktu pengguna untuk membaca dan menghapusnya.

Pelaku spam disebut dengan spammer, dan tindakan penyebaran spam tersebut disebut dengan spamming. Bentuk umum spam yang sering kita temui yaitu: Spam email, spam pesan instant, spam usenet newsgroup, spam blog, spam wiki, web search engine spam, dan lain-lain. Isi spam biasanya berupa promosi iklan seperti: promosi paket kartu seluler, promosi kumpulan point kartu seluler, promosi discount medical check-up, promosi paket antivirus melalui website blog, dan lain- lain.

Sebenarnya kegiatan spam ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan informasi kepada user, namun lebih kepada agar si spammer memperoleh keuntungan (profit) dari kegiatan spamming yang dia lakukan. Untuk menghindari email spam, kita bisa menggunakan spam filter. Pengertian spam filter adalah suatu fitur untuk mendeteksi spam secara otomatis dalam penyeleksian dan penyaringan terhadap email yang masuk ke dalam akun email kita.

Apa saja contoh spam di internet? Adapun jenis-jenis spam antara lain :

Spam Surat Elektronik (email).

Sebenarnya spam email sudah ada sejak tahun 1990-an dan perkembangan penyebarannya saat ini sudah mencapai 80 % hingga 85 %.

Spam Pesan Instan.

Di Indonesia, spam pesan instan ini kebanyakan menggunakan SMS yang berujung kepada penipuan. Contohnya SMS pemenang undian bank berhadiah mobil, SMS mama minta pulsa dkk.

Spam Forum.

Biasanya spam forum ini berisikan promosi yang berkedok menawarkan jasa atau barang yang murah atau ilegal. Sasarannya adalah orang awam yang masih pemula di internet. Mereka mendompleng situs-situs ternama agar terlihat profesional di mata orang awam. Contohnya spam di forum Kaskus tentang jasa pembuatan Akta Nikah asli, menjual Iphone black market dengan harga miring, penjualan senjata api dsb

Spam Komentar Blog.

Tujuannya hampir sama seperti spam forum. Komentar spam biasanya ditandai dengan komentar yang ngasal atau tidak ada hubungannya dengan topik yang dibahas di dalam blog, dan pada umumnya disisipi tautan atau url link website spammer pada kolom komentar blog.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian spam dan contohnya. Semoga kalian bisa memahami pengertian spam dalam internet & menjelaskan apa bahaya atau kerugian yang ditimbulkan spam ya ! Baca juga pengertian holding company 🙂