1. Pengertian sprinter dalam olahraga itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan istilah sprint dan sprinter ?
  3. Apa arti kata sprinter ? Apa itu sprinter ?
  4. Apa kunci utama yang harus dikuasai oleh pelari cepat/sprinter ?

Pengertian Sprinter Menurut Para Ahli


Arti sprinter adalah :

Definisi sprinter adalah pelari cepat.

Pengertian sprinter adalah atlet cabang olahraga atletik lari jarak pendek yaitu 100 meter, 200 meter, 400 meter. 


Olahraga lari sprint atau lari cepat merupakan salah satu cabang olahraga lari yang menjadi favorit penonton. Kita dibuat terpukau melihat betapa kencangnya seorang sprinter, sebutan untuk pelari pada cabang olahraga lari sprint berlari sepanjang lintasan.

Seorang sprinter memang dituntut untuk dapat berlari dengan kecepatan maksimal dimulai dari posisi start, meningkatkan kecepatan, mencapai kecepatan maksimum, dan mempertahankannya hingga finis. Untuk dapat melakukan itu semua seorang sprinter harus memiliki stamina yang prima dan menguasai teknik start dan teknik berlari dengan baik sehingga dapat mencapai kecepatan maksimumnya.

Untuk menjadi seorang sprinter tidak hanya dibutuhkan ketekunan dan kerja keras tetapi juga bakat. Meskipun banyak orang mengatakan bahwa kerja keras dan ketekunan lebih penting daripada bakat namun tetap saja untuk menjadi sprinter yang berprestasi harus dilihat dulu apakah seorang calon atlet memiliki bakat atau tidak menjadi sprinter sehingga potensinya dapat dikembangkan secara maksimal.

Hal ini sama dengan menyanyi, serajin apapun seseorang berlatih jika tidak memiliki dasar suara yang bagus akan sulit bagi orang tersebut menjadi penyanyi yang berhasil.

Di dalam tubuh manusia ada yang namanya serabut otot putih dan serabut otot merah yang berperan dalam pergerakan namun keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Dimana komposisi serabut otot putih dan merah ini berbeda-beda pada setiap manusia.

Serabut otot merah mampu melakukan suatu pekerjaan dalam jangka waktu lama secara terus-menerus tanpa kelelahan namun pergerakan yang dilakukan lambat. Sementara serabut otot putih mampu melakukan pergerakan secara cepat dan lincah namun lebih cepat merasa lelah.

Sehingga orang yang memiliki dominasi serabut otot putih lah yang lebih berbakat menjadi sprinter. Orang seperti ini tidak akan mampu maksimal jika menjadi atlet lari maraton karena tubuhnya sulit melakukan gerakan dalam waktu yang lama secara terus-menerus.

Oleh karena itu sebelum seorang calon atlet dilatih menjadi sprinter ia akan menjalani rangkaian tes untuk melihat bakatnya, apakah sebagai pelari cepat atau pelari maraton. Tes ini disebut dengan cadance test untuk mengukur frekuensi langkah per detik calon atlet sehingga dapat dilihat apakah ia berpotensi menjadi sprinter atau tidak.

Setelah itu calon atlet siap dilatih meliputi latihan koordinasi dan latihan kekuatan. Koordinasi berhubungan dengan cara si atlet melakukan lari dengan posisi yang benar dan mengoordinasikan otot-otot tubuhnya sehingga dapat dicapai kecepatan maksimal secara benar tanpa menimbulkan cedera. Latihan kekuatan juga merupakan faktor penting karena dalam lari sprint dituntut stamina yang baik agar mampu berlari dengan kecepatan maksimal. Bakat disertai latihan yang tepat akan dapat menghasilkan atlet sprinter yang berprestasi.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian sprinter dalam olahraga Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian sprinter pada atletik secara umum ya ! Baca juga pengertian lari sprint dan pengertian lari maraton 🙂