1. Pengertian teknik fotografi strobist itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan strobist fotografi ?
  3. Apa arti foto strobist ? Apa itu strobist photography ?
  4. Apa pengertian strobist fotografi / pengertian teknik strobist?

Pengertian Strobist Dalam Fotografi


Cahaya Artistik dari Strobist

Apa pengertian strobist photography / pengertian foto strobist?

Kita tentu pernah merasakan spot foto di dalam studio foto, biasanya saat kita memerlukan pas foto untuk kartu identitas misalnya, atau syarat melamar pekerjaan. Kalau kita pernah masuk studio foto, kita pasti bisa melihat beberapa peralatan foto di studio tersebut, yang paling terlihat biasanya ada payung khusus untuk flash. Nah di payung ini biasanya dipasang alat untuk mengeluarkan flash juga selain dari kamera. Alat ini meski tidak ditekan langsung atau kita cukup tekan di shutter kamera kita, alat ini juga akan ikut mengeluarkan flash seperti flash pada kamera. Nah teknik foto inilah yang dinamakan strobist.

Istilah strobist dalam dunia fotografi sebenarnya berasal dari kata strobe, yang artinya memproduksi cahaya secara terus menerus. Dengan kata lain yang mengacu yang lebih teknis, strobist merupakan kegiatan fotografi yang menggunakan flash atau blitz di luar bodi kamera. Artinya ada jarak antara kamera dengan flash, tidak menyatu dengan kamera.

Cara kerja strobist ini cukup canggih. Strobist menggunakan sistem pemantik nirkabel, fungsinya untuk menyalakan flash yang saat kita menekan shutter button pada kamera, otomatis flash juga akan menyala. Persis seperti flash yang terpasang di bodi kamera meski ada jarak antara kamera dengan flash. Kita juga tak hanya bisa sinkronisasi satu kamera pada satu flash saja, namun kita bisa melakukan sinkronisasi satu kamera pada beberapa flash secara bersamaan dalam sebuah pemotretan. Jumlah flash yang digunakan tergantung kreativitas dan kebutuhan sang fotografer. Beberapa foto fashion atau foto model biasanya bisa menggunakan 3 hingga 5 flash sekaligus. Tentu tujuannya untuk menampilkan kesan mewah dan sempurna pada foto.

Tak hanya diletakkan di depan objek fotografi saja, beberapa fotografer meningkatkan kreativitasnya soal pencahayaan sehingga terkadang posisi flash bisa saja dari samping atau malah dari belakang model, tentu dengan sudut pandang yang baik menurut fotografer. Kini strobist menjadi tren di kalangan fotografer untuk meningkatkan kreativitasnya dengan memanfaatkan artificial light atau dikenal dengan cahaya buatan.

Sebenarnya tujuan penggunaan strobist ini untuk menggantikan fungsi lampu studio yang harganya relative mahal dan sulit dibawa-bawa. Dengan strobist, fotografer seolah-olah membawa studio foto kemanapun. Biasanya strobist digunakan oleh fotografer komersial seperti foto prewedding, wedding, interior dan foto produk.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian strobist dalam fotografi. Semoga kalian bisa memahami pengertian teknik fotografi strobist yang sebenarnya ya!