1. Pengertian syukur nikmat Allah itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan syukur nikmat ?
  3. Apa arti kata syukur nikmat ? Apa itu syukur nikmat ?
  4. Apa pengertian syukur nikmat dan akibatnya ?
  5. Sebutkan macam macam nikmat allah dan cara mensyukurinya !

Pengertian Syukur Nikmat Dalam Islam


Arti syukur nikmat adalah :

Pengertian syukur nikmat – Dalam kehidupan sehari-hari kita senantiasa memanjatkan puji dan syukur kepada yang kuasa atas berkat dan hikmah yang diberikannya kepada kita. Kita memanjatkan syukur dalam keadaan suka maupun duka, senang maupun susah. Saat kita mengalami kesusahan, ingatlah bahwa nantinya kesenangan akan datang menghampiri kita. Dan sebaliknya, jika kita merasa senang maka harus diingat bahwa kita dulunya juga pernah mengalami masa susah.

Syukur dan nikmat adalah dua jenis kata yang gampang diketahui maksudnya. Syukur berasal dari kata syakara yang berarti membuka. Jadi pengertian syukur adalah pengakuan terhadap nikmat yang telah dianugerahkan oleh Allah SWT kepada kita dan kita menggunakan nikmat itu sesusai dengan ajaran-Nya. Sedangkan pengertian nikmat berarti enak, lezat, karunia, mantap, dan sebagainya.

Jadi kalau digabungkan, pengertian syukur nikmat adalah suatu keadaan untuk memanjatkan rasa terima kasih atas suatu anugerah atau pemberian Allah SWT.

Lalu bagaimana cara mensyukuri nikmat Allah dalam kehidupan sehari-hari ? Adapun contoh perilaku syukur kepada Allah antara lain:

  • Bersyukur dengan hati dengan melakukan segala perbuatan yang baik seturut ajaran Allah, tidak munafik, selalu berkata jujur, dan ingat terhadap sang pencipta.
  • Senantiasa membaca Al’Quran dan menerapkan ajaran dengan mengasihi sesama manusia.
  • Melakukan sholat lima waktu, tolong menolong antar sesama manusia, dan menjalankan ibadah puasa.
  • Melaksanakan ibadah haji ke tanah suci.
  • Memberikan sedikit dari pendapatan kita untuk membangun mushola, sekolah, pesantren, dan sebagainya.
  • Membantu pendanaan pendirian panti jompo dan panti asuhan Islam.
  • Mendoakan sesama, keluarga, diri sendiri, dan orang-orang di sekeliling kita.

Macam macam nikmat allah secara garis besar terbagi menjadi 2 jenis yaitu :

  1. Nikmat jasmani, adalah nikmat yang langsung dirasakan oleh tubuh kita. Contohnya adalah: udara yang kita hirup, nikmat makanan dan minuman.
  2. Nikmat rohani, adalah nikmat yang dirasakan oleh jiwa kita. Contohnya adalah: nikmat perasaan, nikmat pikiran, nikmat iman dan ilmu pengetahuan.

Lalu apa akibat atau dampak dari melakukan syukur nikmat ini ? Dengan memperbanyak syukur nikmat, secara tidak langsung akan membuat diri kita menjadi semakin dekat dengan Allah dan Allah akan selalu menambah rahmat-Nya kepada manusia yang sering bersyukur.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian syukur nikmat Allah. Semoga kalian bisa menjelaskan apa yang dimaksud dengan syukur nikmat dalam Islam secara umum ya ! Baca juga pengertian naturalisme dalam seni rupa 🙂