1. Pengertian teknik zooming dalam fotografi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan teknik zooming pada fotografi ?
  3. Apa arti teknik zooming ? Apa itu teknik zooming ?
  4. Bagaimana cara teknik foto zooming / cara teknik zooming fotografi?

Pengertian Teknik Zooming Dalam Fotografi


Apa pengertian teknik foto zooming?

Teknik zooming adalah teknik dalam fotgrafi yang digunakan untuk memperoleh foto yang memberikan kesan pergerakan obyek baik mendekat atau menjauh dengan cara mengubah panjang fokus lensa saat memotret. Hasil yang diperoleh ketika memotret dengan teknik zooming adalah obyek bergerak yang dapat dibekukan dengan background yang blur.

Apa tujuan teknik zooming photography?

Teknik zooming ini biasanya digunakan untuk menunjukkan pergerakan suatu obyek misalnya seorang pelari marathon yang berlari saat lomba. Maka fotografer profesional akan menempatkan titik fokus pada pelari tersebut dan menggunakan teknik zooming sehingga background akan kabur. Background blur itulah  yang menonjolkan bahwa obyek yang dibidik adalah obyek yang bergerak.

Bagaimana cara teknik zooming photography / teknik zooming dengan dslr ?

Bagi kamu yang baru belajar fotografi maka gampang-gampang susah untuk mempraktekkan teknik ini. Jika ingin mencobanya maka sebelumnya kamu harus mencari objek bergerak terlebih dahulu. Kemudian gunakan lensa zooming agar bisa mendapatkan foto dengan teknik seperti ini. Tentu saja memotret teknik zooming tidak akan bisa dilakukan jika kamu menggunakan lensa fix yang perbesarannya tidak bisa dirubah.

Setelah itu atur shutter speed yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jika ingin menghasilkan foto dengan teknik zooming yang bagus maka gunakan shutter speed yang rendah berkisar angka 1/60 ke bawah. Namun lain obyek lain lagi pengaturan shutter speednya. Misalnya ketika kamu ingin memotret memakai teknik zooming dengan obyek kereta api tentu shutter speed yang harus kamu gunakan akan berbeda ketika memotret memakai teknik zooming dengan obyek sepeda onthel. Sehingga tidak ada patokan khusus berapa angka yang harus di set ketika akan memgoto menggunakan teknik zooming ini.

Kaidah dasar yang harus diterapkan ketika memotret menggunakan teknik zooming adalah ketika kamu sudah menentukan obyek utama maka selanjutnya putar lensa sampai pada zoom maksimal. Setelah itu agar memperoleh hasil background yang blur kuncinya adalah kamu harus melakukan zoom out bersamaan pada saat tombol rana ditekan. Usahakan meminimalisir goncangan sehingga obyek yang dibidik juga tidak ikut blur sepereti background. Agar foto yang dihasilkan lebih menarik maka carilah kombinasi warna yang kontras untuk background foto sehingga dengan background yang lebih kontras maka hasilnya pun akan lebih menarik.

Cara zooming ini sebenarnya tidaklah terlalu susah asalkan kamu mengetahui kuncinya dan rajin-rajinlah mencoba dengan berbagai macam obyek yang berbeda sehingga kemampuanmu akan terasah dengan sendirinya.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian teknik zooming dalam fotografi serta teknik zooming kamera dslr. Semoga kalian bisa semakin mengerti akan perbedaan pengertian teknik zooming dan panning ya!