1. Pengertian teologi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan teologi ?
  3. Apa arti kata teologi ? Apa itu teologi kontekstual ?
  4. Apa pengertian teologi transformatif ?

Pengertian Teologi Menurut Para Ahli


Arti teologi adalah :

Pengertian teologi adalah ilmu yang mempelajari berbagai masalah ketuhanan serta pertaliannya dengan manusia, baik yang disandarkan kepada wahyu, ataupun yang disandarkan kepada akal pikiran. (Hamzah Ya’qub, Filsafat Agama : 1991)

Pengertian teologi adalah ilmu yang membahas tentang ketuhanan serta hubungan manusia dengan Tuhan & hubungan Tuhan dengan manusia. (Bachtiar : 1997)


Istilah “teologi” sudah tidak asing lagi bagi kita. Istilah ini sering didefinisikan dalam bentuk keagamaan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian teologi adalah pengetahuan ketuhanan (mengenai sifat Allah, dasar kepercayaan kepada Allah dan agama terutama pada kitab suci).

Sedangkan dalam bahasa Yunani istilah “teologi” ini terbagi menjadi dua kata yaitu theos berarti Allah; Tuhan dan logia berarti ucapan; kata-kata atau wacana. Jadi kalau digabungkan secara singkat, pengertian teologi adalah segala ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan Tuhan. Secara arfiah teologi berkaitan dengan studi atau teori, sedangkan secara praktek berkaitan dengan doktrin atau ajaran oleh agama tertentu pada seseorang.

Dalam Bahasa Arab istilah ini sering disebut Usuluddin, namun ajarannya disebut sebagai Aqidah atau Tahuid. Selain kedua sebutan di atas, ada juga orang yang menyebutnya Al-Kalim, yang berarti ilmu tentang Tuhan yang terdapat dalam sebuah Al’Quran.

Penggunaan kata “teologi” ini khususnya pada negara Barat melatarbelakangi agama Kristen. Namun saat ini, istilah ini sudah dipakai secara umum dan menyeluruh tergantung nalar pada lingkungan beragama. Pada agama Kristen, teologi ini memiliki sub divisi (terbagi dalam masing-masing kategori)

Terminologi ilmu teologi ini telah dijadikan sebagai disiplin ilmu lho! Diakui oleh para pakar atau ilmuwan yang ada di dunia dan manfaatnya juga tersebar di seluruh dunia. Disiplin ilmu ini keberadaannya sangat berarti, karena ada tiga faktor yang mempengaruhi diantaranya: (1) faktor ontologis yaang objeknya jelas kelihatan, (2) prosedurnya jelas (epistemologis), dan (3) makna dan manfaatnya jelas (secara aksiologis). Karena kejelasan inilah makanya teologi dikatakan sebagai suatu ilmu yang sah dan akurat. Ilmu ini sering kali dijadikan sebagai pola dan patokan dalam kehidupan beragama walaupun dalam setiap agama penggunaan terminologi “teologi” nya berbeda-beda.

Orang yang ahli dalam bidang Teologi disebut seorang Teolog. Teolog mempunyai tugas sebagai penyebar Injil atau penyebar berita tentang ketuhanan pada setiap agama yang ada. Dalam Kristen, Ia bertugas sebagai saksi Kristus di tengah-tengah masyarakat. Para teolog biasanya pintar dalam merangkai kata-kata. Kata-kata yang dihasilkan juga sangat bagus dan membuat kita merasa bahwa apa yang dikatakannya memang benar adanya.

Dalam Kristen, para Teolog ini akan ditugaskan untuk memimpin rangkaian perayaan ibadah di gereja. Dimana disana Ia juga bertugas untuk menyampaikan khotbah kepada para umat yang hadir. Teolog yang sudah lama mempelajari ilmu teologi dan sudah berpengalaman tentunya, lebih lihai dalam menyampaikan kata-kata khotbah. Adapun pengertian lainnya yang masih berkaitan dengan teologi antara lain :

Pengertian teologi sistematika adalah upaya menyusun dan merumuskan teologi yang membentuk doktrin secara sistematis, tertib, koheren dan rasional.

Pengertian teologi transformatif adalah suatu refleksi teologi yang tidak termasuk disiplin ilmu seperti tafsir dsb, tapi merupakan hasil pengamatan. Teologi transformatif akan selalu berusaha menggerakkan masyarakat untuk mengubah dirinya sekaligus memberikan kontribusi dalam suatu perubahan sosial.

Pengertian teologi kontekstual adalah teologi yang fungsional yaitu yang mempertemukan antara “teks” dan “konteks”.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian teologi & contoh teologi. Semoga kalian bisa memahami pengertian teologi islam & pengertian teologi kristen secara umum ya ! Baca juga pengertian gold glory dan gospel 🙂