1. Pengertian tracking dalam fotografi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan tracking shot ?
  3. Apa arti kata tracking pada kamera ?
  4. Apa itu pergerakan kamera tracking ?

Pengertian Tracking Dalam Fotografi


pengertian tracking pada kamera – Perkembangan teknologi saat ini membuat dunia fotografi juga berkembang dengan berbagai macam model kamera baru yang canggih dan inovasi terbaru. Pecinta fotografi semakin dimanjakan oleh berbagai macam teknologi canggih kamera tersebut.

Salah satu kecanggihan yang memudahkan para fotografer adalah adanya berbagai macam mode yang tersedia dalam kamera. Mode yang tersedia dari satu merek kamera dengan kamera lainnya akan berbeda. Umumnya terdapat mode manual, full auto focus, mode sport, mode portrait, mode landscape, mode Aperture Priority, dan lainnya.

Kemudahan tersebut terbukti membantu para fotografer untuk memilih mode yang paling pas dan nyaman digunakan. Di dalam pilihan mode auto focus saja terdapat 3 mode focus tracking yang umumnya ada di kamera DSLR yaitu Single, Continuous, dan Automatic.

Pengertian tracking dalam fotografi adalah pelacakan objek pada titik-titik tertentu. Focus Tracking secara simpel dapat dipahami sebagai kemampuan kamera untuk melakukan pelacakan titik fokus ketika memotret suatu objek yang bergerak.

Masing-masing mode memiliki kegunaan tersendiri. Mode Auto focus single digunakan ketika pergerakan objek tidak terlalu luas sehingga tracking dapat dilakukan dengan mudah. Sedangkan untuk mode Auto Focus Continuous digunakan pada objek yang bergerak cepat atau terus menerus. Sehingga ketika mode ini diaktifkan focus tracking akan bekerja mengatur titik fokus terhadap objek utama ketika tombol rana ditekan setengah. Dengan sistem focus tracking maka sensor kamera memliki kemampuan untuk memprediksi posisi pergerakan objek terakhit dan mengatur titik fokus pada posisi tersebut sehingga objek tetap terlihat tajam di dalam frame.

Untuk mode Auto Fokus Automatic maka titik fokus akan ditentukan secara otomatis oleh kamera. Kekurangan dari mode ini adalah ketika objek yang akan dipotret pergerakannya terlalu cepat maka kamera akan mendeteksi titik fokus yang salah pada objek sehingga hasilnya bisa jadi objek utama kurang tajam. Masalah lainnya ketika menggunakan mode ini adalah sensor menjadi lambat menentukan titik fokus objek yang bergerak sehingga bisa jadi kamu akan kehilangan momen berharga yang tidak bisa diulang. Untuk itu ketika kamu akan melakukan focus tracking pada objek yang bergerak maka harus memperhitungkan terlebih dahulu mode apa yang akan kamu gunakan.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian tracking dalam fotografi. Semoga materi singkat mengenai pengertian tracking shot ini bisa menambah wawasan kamu ya!