1. Pengertian trigger dalam fotografi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan trigger dan receiver ?
  3. Apa arti kata trigger ? Apa itu trigger foto ?
  4. Apa fungsi trigger dalam fotografi / fungsi trigger dan receiver ?
  5. Apa saja jenis trigger flash / jenis trigger kamera ?

Pengertian Trigger Dalam Fotografi


Di dalam fotografi, pencahayaan menjadi kunci utama untuk membuat obyek dapat terekam kamera secara maksimal. Sumber pencahayaan dapat berasal dari sumber pencahayaan alami seperti sinar matahari maupun dengan bantuan cahaya tambahan seperti flash.

Kamera dslr sekarang ini umumnya sudah memiliki flash bawaan yang terpasang pada badan kamera. Namun banyak fotografer yang tidak menyukai sumber cahaya langsung dari flash kamera bawaan karena cahayanya terlalu keras. Alternatifnya para fotografer yang membutuhkan cahaya tambahan mereka menggunakan flash eksternal.

Biasanya untuk keperluan profesional tak hanya satu flash saja yang digunakan namun bisa beberapa flash. Jarak fotografer dengan flash pun biasanya agak jauh hingga beberapa meter sehingga membutuhkan bantuan trigger untuk mengatur flash agar bisa bekerja otomatis.

Lalu apa sebenarnya pengertian trigger dalam fotografi ?

Trigger dalam istilah fotografi dikenal sebagai sebuah alat yang memiliki fungsi memicu lampu kilat eksternal yang tidak terpasang langsung pada kamera. Cara menggunakan trigger kamera yaitu tinggal memasangnya pada body kamera, kemudian diikuti memasang reveicer pada flash. Sehingga dengan fitur trigger tersebut fotografer bisa lebih leluasa mengatur lighting sesuai dengan kebutuhan. Trigger sendiri banyak jenisnya dan bermacam-macam harganya.

Apa saja jenis trigger kamera / jenis trigger flash itu?

Jenisnya mulai dari trigger basic manual yang biasanya hanya bisa digunakan untuk satu lampu eksternal saja dengan pengaturan otomatis. Harganya pun tidak terlalu mahal, berkisar ratusan ribu rupiah untuk trigger yang murah hingga harga berkisar 1-2 juta rupiah dengan kualitas yang lebih baik. Untuk keperluan sehari-hari jika dirasa flash bawaan kamera tidak dapat memenuhi kebutuhanmu akan lighting maka kamu bisa membeli trigger jenis ini yang harganya terjangkau.

Sedangkan untuk kebutuhan yang lebih profesional seperti kebutuhan pencahayaan dalam studio foto atau pemotretan profesional maka kamu perlu membeli grouping trigger yang bisa digunakan pada beberapa lampu kilat sekaligus. Dengan menggunakan grouping trigger maka kamu akan dimudahkan ketika mengatur beberapa lampu untuk lighting dengan sekali cekrek. Harganya bervariasi mulai dari angka ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Namun untuk kebutuhan yang lebih serius tentu saja harga segitu tidaklah menjadi masalah. Jenis trigger selanjutnya adalah TTL Radio Trigger. Jika kamu menggunakan trigger jenis ini maka pekerjaanmu mengatur pencahayaan akan lebih dimudahkan karena kamu dapat mengatur kuat lemahnya angka pencahayaan dari trigger yang terpasang di kameramu. Selain itu tentunya trigger jenis ini juga dapat digunakan ketika kamu memakai beberapa lampu kilat. Ada kualitas tentu ada harga. Tak heran jika trigger jenis ini dipatok dengan harga kisaran 3-5 juta yang mana harga tersebut bisa 2-3 kali lipat lebih mahal daripada trigger jenis lainnya.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian trigger dalam fotografi. Semoga kalian bisa memahami cara menggunakan trigger pada kamera ya!