1. Pengertian tripod dan fungsinya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan tripod kamera ?
  3. Apa arti tripod kamera ? Apa itu tripod ?
  4. Bagaimana teknik foto dengan tripod / teknik foto menggunakan tripod?
  5. Apa pengertian tripod kamera & teknik menggunakan tripod?

Pengertian Tripod Dalam Fotografi


pengertian tripod dan fungsinya – Mungkin sebagaian dari kita sudah tidak asing dengan salah satu aksesoris kamera satu ini, yakni tripod. Tapi mungkin sebagaian besar dari kita menganggap jika tripod hanya digunakan untuk menyangga atau menunjang sebuah kamera. Padahal tripod memiliki banyak kegunaan, untuk itu pada artikel ini kita akan membahas tentang pengertian tripod beserta pengunaannya.

Tripod adalah sebuah aksesoris dari kamera yang berbentuk seperti tiang dengan tiga buah kaki penyengga yang berfungsi untuk mengeliminasi guncangan kamera (shake). Selain tripod, adapula yang memiliki bentuk lebih sederhana, hanya memiliki satu kaki, yang disebut dengan monopod. Penggunaan tripod sangat mudah serta ketinggian tripod juga dapat diatur sesuai dengan mata ketika akan mengabadikan sebuah momen melalui view finder.

Penggunaan tripod juga memudahkan fotografer untuk memilih shutter speed yang lebih rendah, tentu hal ini akan sangat membantu bagi pengguna kamera non-fast speed. Seperti yang kita tahu speed yang rendah akan cenderung menghasilkan foto yang kabur atau blur, serta kurang fokus. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan penggunaan tripod.

Selain itu, ketika penggunaan shutter speed rendah hal ini berimplikasi pada pemilihan aperture yang lebih luas, sehingga kreatifitas dalam memotret dapat digali lebih dalam, seperti menciptakan efek bulb di malam hari serta untuk memotret landscape air akan terlihat lebih dramatis.

Apa fungsi tripod dalam fotografi / fungsi tripod dalam pengambilan gambar?

Selain kegunaan untuk mengurangi guncangan, tripod juga memiliki beberapa fungsi lain. Salah satu fungsi tersebut adalah meningkatkan ketajaman pada hasil foto, hal ini dikarenakan ketika menggunakan tripod dapat memungkinkan fotografer untuk mengatur ISO yang rendah.

Fungsi lain dari tripod adalah mempermudah mengambilan gambar dengan teknik light painting atau lukisan cahaya. Selain itu, dalam memotret secara landscape penggunaan tripod sangat diperlukan untuk mengatur komposisi angle serta rule of third. Penggunaan tripod juga sangat membantu para fotografer yang menggunakan lensa tele yang cukup berat, tentu dengan menggunakan tripod hal ini akan mengurangi beban yang harus ditopang fotografer ketika memotret.

Penggunaan tripod sangat diperlukan ketika kita hendak menghasilkan foto HDR (high dynamic range), di mana untuk menghasilkan sebuah foto HDR dibutuhkan setidaknya 3 kali memotret atau lebih pada posisi sama namun dengan exposure yang berbeda. Tentunya ketika memotret kamera tidak boleh bergeser sedikitpun karena akan membuat hasil foto HDR berantakan.

Tripod juga membantu kamera tidak terguncang dan tetap stabil ketika memotret menggunakan focal length panjang serta fotografi makro. Terakhir, tripod juga memudahkan untuk pengambilan gambar menggunakan fitur timer ketika fotografer ikut dalam objek yang dipotret sehingga tidak perlu meminta bantuan orang lain.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian tripod dalam fotografi. Semoga kalian semakin jago teknik foto menggunakan tripod ya!