1. Pengertian unilateral dalam sosiologi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan unilateral dalam sosiologi ?
  3. Apa yang dimaksud keluarga unilateral ?
  4. Apa arti kata unilateral ? Apa itu unilateral ?
  5. Apa pengertian unilateral dan contohnya ?

Pengertian Unilateral Dalam Sosiologi


Arti unilateral dan contohnya adalah :

Pengertian unilateral dalam sosiologi adalah suatu sistem dalam susunan keluarga atau kekerabatan yang menarik garis keturunan cuma dari satu pihak saja, yaitu pihak ibu atau pihak ayah saja, seringkali disebut dengan sistem klan. Sistem unilateral dalam keluarga terbagi menjadi 2 macam yaitu unilateral patrilineal dan unilateral matrilineal.

Pengertian unilateral patrilineal adalah susunan keluarga yang menarik garis keturunan dari pihak sang ayah. Contoh unilateral patrilineal bisa kita lihat pada masyarakat suku Batak yang tinggal di daerah Sumatera Utara.

Pengertian unilateral matrilineal adalah susunan keluarga yang menarik garis keturunannya dari sang ibu. Contoh unilateral matrilineal bisa dilihat pada suku Minang di daerah Sumatera Barat.


Sedangkan pengertian unilateral dalam sosiologi dalam konteks yang lebih luas adalah suatu bentuk kerjasama yang sifatnya sepihak sepihak.

Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, tentu kita tidak bisa hidup tanpa adanya bantuan dari bangsa atau negara lain di dunia. Karena memang pada dasarnya sifat manusia sebagai manusia sosial yang tidak bisa hidup tanpa adanya bantuan dari negara lain. Untuk mencukupi kebutuhan negaranya, biasanya suatu negara akan menjalin suatu kerja sama dengan negara lainnya. Kerja sama tersebut juga bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan antara negara yang bersangkutan.

Dalam hubungan kerja sama, kita mengenal adanya istilah bilateral, multilateral dan unilateral. Adapun pengertian unilateral bilateral multilateral yaitu :

  1. Bilateral

Pengertian bilateral adalah jenis kerjasama berlevel internasional yang dilakukan antara 2 negara baik itu di bidang politik, sosial, budaya maupun ekonomi. Contoh kerjasama bilateral antara lain:

  • Pertukaran duta besar antara Indonesia dengan Amerika
  • Kunjungan yang dilakukan oleh pemerintah atau pimpinan di Indonesia ke China
  • Perjanjian politik dan ekonomi yang terjalin antara Indonesia dengan negara lain.
  • Kerja sama dalam bidang pendidikan yang dilakukan Indonesia dengan Korea, ditandai dengan adanya pertukaran pelajar yang terjadi pada kedua negara tersebut.
  • Kerja sama dalam hal pengeksporan migas oleh Indonesia ke Inggris
  1. Multilateral

Pengertian multilateral adalah jenis kerja sama yang terjadi pada satu negara dengan banyak negara lainnya di dunia (lebih dari dua negara). Contoh kerjasama multilateral yaitu:

  • Pemerintah yang menjalin kerja sama dengan ADB yang notabenenya terdiri dari banyak negara di dalamnya
  • Kerja sama yang dilakukan Indonesia dengan PBB
  • Hubungan yang terjalin antara Indonesia dengan OKI (Organisasi Konferensi Islam)
  1. Unilateral

Pengertian unilateral adalah jenis kerjasama yang hanya diputuskan secara sepihak tanpa adanya persetujuan dari pihak lain. Biasanya tindakan seperti ini dilakukan karena satu negara tidak setuju atau tidak suka dengan negara lainnya. Maka dari itu ia mengambil sebuah komitmen sepihak dengan harapan disetujui oleh seluruh pihak. Contoh kerjasama unilateral adalah :

  • Kebijakan perdagangan internasional yang diputuskan oleh satu negara saja
  • Perjanjian yang dilakukan Uni Eropa terkait dilarangnya pesawat Indonesia mendarat di kawasan Eropa tanpa diketahui oleh Indonesia sebelumnya. Padahal untuk membuat kebijakan seperti ini harusnya Indonesia diikutsertakan dalam pengambilan keputusan.

Dalam istilah sehari-hari adapula istilah transaksi unilateral. Pengertian transaksi unilateral adalah transaksi yang bersifat satu arah yang mana tidak akan menimbulkan suatu kewajiban bagi negara yang menerima barang (seperti melakukan pembayaran kepada negara yang menyerahkan barang).


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian unilateral dalam sosiologi (kekerabatan unilateral) & contoh unilateral. Semoga kalian bisa memahami pengertian unilateral dan contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian genosida dan contoh kasusnya 🙂