1. Pengertian urgensi dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan urgensi dan contohnya ?
  3. Apa arti kata urgensi ? Apa itu urgensi ?
  4. Apa pengertian tujuan dan urgensi pendidikan pancasila ?

Pengertian Urgensi Menurut Para Ahli


Arti urgensi adalah :

Definisi urgensi adalah sesuatu hal yang menjadi sangat penting dan membutuhkan perhatian segera. (Cambridge Dictionary)

Pengertian urgensi adalah sesuatu hal yang sangat penting atau suatu keharusan yang mendesak. (menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian urgensi penelitian adalah seberapa penting suatu penelitian itu dilakukan atau alasan-alasan logis apa saja yang terkandung untuk menjawab mengapa penelitian ini penting untuk dilakukan.

Pengertian urgensi tauhid adalah pentingnya tauhid di dalam kehidupan yang mana seorang muslim harus meyakini dan mengakui bahwa hanya Allah SWT semata, Rabb (Tuhan) atas segala sesuatu, hal ini dikarenakan mentauhidkan Allah adalah tujuan manusia diciptakan di bumi.

Pengertian urgensi pendidikan kewarganegaraan adalah suatu desakan / dorongan / keharusan untuk mewujudkan segala bentuk pembelajaran dalam hal yang berhubungan dengan warga Negara yang bertujuan agar setiap warga negara mempunyai rasa kebangsaan dan cinta tanah air.

Pengertian urgensi identitas nasional adalah pentingnya jati diri nasional yakni keyakinan, ciri-ciri atau karakteristik dan perasaan tentang kebangsaan yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa yang lain.

Pengertian urgensi pendidikan pancasila adalah kebutuhan akan pendidikan pancasila agar seseorang tidak menyimpang dari jati diri bangsa sehingga mereka memiliki pedoman dan kaidah penuntun dalam bertindak dan berfikir dalam kehidupan sehari-hari dengan berlandaskan atas nilai-nilai Pancasila.


Pengertian Urgensi dan Contohnya

Urgensi berasal dari bahasa Latin “urgere” yaitu jenis kata kerja yang artinya mendorong. Dalam Bahasa Inggris “ urgent” yaitu jenis kata sifat. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian urgensi adalah jenis kata benda yang berarti suatu keharusan yang mendesak; hal yang sangat penting.

Dari ketiga sumber di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian urgensi adalah suatu hal yang sifatnya sangat mendesak dan penting sehingga perlu tindak lanjut agar masalah tersebut dapat terselesaikan.

Contoh urgensi:

  1. Dari kemarin siang Ani merasa tubuhnya lemas dan sedikit demam namun ia belum mau dibawa oleh ibunya ke rumah sakit karena menganggap penyakit ini biasa saja. namun beberapa hari kemudian suhu tubuhnya menjadi sangat meningkat, dan ia sedikit kejang-kejang. Maka ibunya langsung membawanya ke dokter untuk segera ditangani
  2. Pak Budi adalah direktur perusahaan. Siang ini sekretaris pak Budi baru saja menghubungi pihak perusahaan bahwa beliau belum dapat hadir untuk memimpin rapat yang kemarin telah dijanjikan dengan para kliennya. Maka dari itu sekretaris tersebut menyuruh bagian administrasi untuk segera menghubungi wakil direktur untuk memimpin rapat nanti, dengan materi yang sudah dikirimkan lewat email.

Jika kasus di atas terjadi, maka harus dengan cepat ditangani agar masalah dapat langsung selesai dan tidak berlarut-larut sehingga menimbulkan kerugian.

Jenis urgensi juga ada dalam dunia pendidikan yang dinamakan urgensi pendidikan. Urgensi pendidikan adalah sesuatu hal yang sangat penting dilakukan agar kemampuan, akhlak, dan pribadi dari seorang anak dapat meningkat dan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Pendidikan harus dilaksanakan dengan penuh kesungguhan agar dapat membawa perubahan dalam diri seseorang. Banyak manfaat nantinya yang akan didapat dalam urgensi pendidikan. Pendidikan juga keharusan dalam hidup agar mampu bertahan dan bersaing dalam menghadapi siklus kehidupan yang semakin meng-global.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian urgensi beserta contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian urgensi dan contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian sajak dan contohnya 🙂