1. Pengertian vendor dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan vendor dalam perusahaan ?
  3. Apa arti kata vendor ? Apa itu vendor pernikahan ?
  4. Apa pengertian vendor manajement ?
  5. Apa pengertian vendor procurement ?

Pengertian Vendor Menurut Para Ahli


Arti vendor adalah :

Definisi vendor adalah pihak yang membuat produk / jasa untuk dipromosikan oleh Affiliate ke pasar. Affiliate adalah perantara yang menjual produk atau jasa dari Vendor secara langsung untuk dijual di pasar. (Andy Shera : 2010)

Pengertian vendor adalah pemasok barang / jasa yang berupa komponen tunggal, yang mana komponen tersebut dikirim ke buyer yang melakukan aktivitas produksi kemudian dijual ke konsumen akhir. (Sucy : 2002)

Pengertian vendor management adalah suatu pengelolaan data penyedia barang atau jasa yang melalui proses seleksi, klasifikasi, penilaian kinerja, dan profiling. (peraturan menteri keuangan RI nomor 139/pmk.01/2012)

Pengertian vendor procurement adalah suatu proses pengadaan barang atau jasa yang diperlukan untuk kebutuhan operasional perusahaan baik itu untuk supporting material, raw material, ataupun project based material.

Pengertian vendor bank adalah rekanan bank baik perorangan ataupun badan usaha yang dipilih oleh Bank untuk melakukan kerjasama dalam bentuk penyediaan barang, jasa atau layanan yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan operasional bank berdasarkan perjanjian tertulis.

Pengertian vendor dalam jaringan adalah perusahaan jaringan atau telekomunikasi yang kegiatan utamanya adalah berfokus pada produksi atau pembuatan perangkat-perangkat jaringan. Contoh vendor dalam jaringan yaitu Cisco, Mikrotik, Huawei dsb.

Pengertian vendor dalam perusahaan adalah suatu lembaga, perorangan atau pihak ketiga yang menyediakan berbagai bahan, jasa, produk untuk diolah maupun dijual kembali ataupun dibutuhkan sendiri oleh perusahaan untuk meningkatkan kinerja perusahaan tersebut.

Pengertian vendor pernikahan adalah pihak yang menjual jasa yang berhubungan dengan pernikahan. Contoh vendor pernikahan adalah perias pengantin, dekorasi, fotografi & video dokumentasi, wedding organizer, musik / hiburan, upacara adat, MC dsb. 


Pengertian Vendor

Dalam dunia bisnis kita pasti akan sering mendengar istilah “vendor”. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) makna vendor berarti orang yang menjual rumah, tanah, dan sebagainya; penjual. Dalam pengertian umum, pengertian vendor sama dengan supplier yang berarti suatu lembaga, perorangan, ataupun pishak ketiga yang menyediakan barang atau jasa yang akan diolah kemudian dijual kembali kepada perusahaan yang membutuhkan. Bisa juga dikatakan, pengertian vendor adalah orang yang menyalurkan barang atau jasa.

Hubungan antara suatu perusahaan denga vendor bisa menjadi sangat kompleks. Apalagi jika perusahaan tersebut sudah memakai vendor ini sejak dulu. Vendor dibutuhkan oleh sebuah perusahaan dalam hal penyediaan barang atau bahan-bahan yang dibutuhkan perusahaan dalam melaksanakan kegiatan produksi. Bisa saja bahan mentah, sparepart, mesin, bahan penolong, bahan setengah jadi, dan lain sebagainya.

Saat ini banyak vendor yang bersaing sangat ketat dalam meningkatkan mutu dan teknologi mereka. Persaingan ini dilakukan untuk menunjukkan kepada perusahaan bahwa mereka layak dijadikan sebagai vendor perusahaan tersebut. Penjelasan yang singkat, jelas, dan baik sangat diperlukan para vendor ketika berhadapan dengan perusahaan. Para vendor juga harus bisa meyakinkan perusahaan bahwa vendor mereka pantas untuk dipilih. Saat memilih vendor, perusahaan juga haruslah berhati-hati dan harus selalu digantungkan pada kebutuhan perusahaan itu sendiri.

Apa manfaat vendor? Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh jika menggunakan vendor antara lain untuk meningkatkan kinerja perusahaan itu sendiri. Misalnya dalam usaha retail, vendor berguna untuk sistem pengkodean saat memproses data dalam perusahaan. Tentu saja hal ini akan mengehemat waktu, dan biaya karena tugas tersebut sudah dialihkan kepada vendor. Jadi perusahaan tidak perlu lagi ikut campur dalam sistem pengkodean.

Setiap perusahaan berhak untuk menjalin hubungan dengan beberapa vendor, namun untuk setiap aktivitas perusahaan ada baiknya untuk menetapkan satu vendor saja. Misalnya untuk pemeliharaan sistem, perusahaan bekerja sama dengan vendor A. Sedangkan untuk masalah koneksi jaringan perusahaan bekerja sama dengan vendor B. Begitulah seterusnya.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian vendor perusahaan. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian vendor dan contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian volunteer 🙂