1. Pengertian viral marketing itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan viral infection?
  3. Apa arti kata viral warts ? Apa itu viral ?
  4. Apa pengertian viral marketing menurut para ahli ?

Pengertian Viral Menurut Para Ahli


Definisi viral adalah :

Pengertian viral adalah sesuatu hal yang menyebar atau menjadi populer dengan cepat melalui komunikasi dari satu orang ke orang lain, terutama di internet. (Cambridge Dictionary)

Pengertian viral marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan efek jaringan dari internet dan dapat digunakan secara efektif untuk mendapatkan jumlah orang yang besar dan cepat mirip seperti virus yang merupakan bentuk komunikasi dari mulut ke mulut secara online yang efektif. (Dave : 2003)

Pengertian viral marketing adalah sebuah konsep pemasaran yang menular, yanag mana antara satu pelanggan dengan pelanggan lainnya saling menyampaikan pesan kepada temannya masing-masing. (Armstrong dan Kotler : 2014)

Pengertian viral infection adalah penyakit yang disebabkan karena adanya infeksi virus. Pada umumnya penyebab dari viral infection adalah flu, demam berdarah dsb. Adapun gejala viral infection adalah demam yang terjadi secara tiba-tiba atau mendadak dan biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam 3 sampai 10 hari.

Pengertian viral load adalah istilah untuk menyatakan jumlah HIV dalam darah kita. Semakin banyak jumlah HIV dalam darah maka viral load akan tinggi pula.

Pengertian viral warts adalah kutil yang disebabkan oleh kuman human papillomavirus yang ditandai dengan pertumbuhan lapisan epitel kulit jinak yang berlebih. 

Pengertian viral exanthem adalah ruam pada kulit yang disebabkan oleh virus seperti rubella, campak, roseola dan eritema infeksiosum.


Pengertian Viral

Jika kita mencari arti kata “viral” dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) maka tidak akan ditemukan, malahan yang muncul adakah kata “virus”. Viral sendiri berasal dari turunan istilah bahasa asing yaitu “virus” dan “virtual”. Namun penggunaan kata viral sering dimasukkan kedalam sebuah kaliimat untuk menjelaskan bahwa suatu kejadian atau peristiwa sangat mudah tersebar.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengertian viral adalah salah satu teknik penyampaian pesan atau komunikasi dengan menggunakan teknologi baik internet maupun secara mobile dimana informasi tersebut sangat cepat tersebar luas ke dunia maya bahkan bisa menggemparkan dunia. Jadi jika dilihat dari pengertiannya maka asal usul kata viral (penggabungan kata virus dan virtual) ada benarnya juga.

Dengan menggunakan internet, maka viral akan semakin mudah untuk menduplikasikan dirinya. Cara kerjanya adalah jika seseorang menerima pesan dari suatu institusi atau badan dan ia suka dengan isi konten tersebut, maka ia akan menyebarkannya kembali kepada teman-teman atau khalayak banyak untuk ikut membaca isi dari konten yang diterimanya tadi. Begitulah seterusnya cara kerjanya sehingga informasinya bisa menyebar dengan cepat dan luas.

Selain menggunakan internet dan mobile, viral juga dapat disampaikan dari mulut ke mulut. Misalnya seseorang yang puas akan kualitas dari barang yang dibelinya akan menyampaikan hal tersebut kepada teman-temannya, temannya tadi menyampaikan kepada temannya lagi, begitu seterusnya. Jadi metode viral ini sebenarnya hampir mirip dengan gosip yang mudah menyebar kemana-mana.

Jenis viral yang cukup terkenal di Indonesia adalah:

  • Video klip Shinta dan Jojo yang ada di Youtube yang sempat booming beberapa tahun lalu. Video klip yang mereka unggah mampu menggemparkan rakyat Indonesia dan menarik perhatian rakyat untuk menyaksikannya
  • Video tentang orang kulit hitam yang memiliki nama yang cukup panjang, aneh, nyaris tidak memiliki huruf vokal, dan sangat sulit untuk dibaca, bahkan sewaktu ditanyakan mengapa orang tuanya memberikan nama tersebut, ia juga bingung menjawabnya.

Maka dari itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa viral itu lebih mengarah pada informasi yang menyebar luas dan membuatnya populer sehingga para netter berlomba-lomba untuk mencari informasi tersebut.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian viral dan contohnya Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian viral marketing secara umum ya ! Baca juga pengertian vendor dan contohnya 🙂