1. Pengertian vulkanologi dalam geografi itu apa sih ?
  2. Apa pengertian vulkanologi menurut para ahli ?
  3. Apa yang dimaksud dengan vulkanologi ?
  4. Apa arti kata vulkanologi ? Apa itu vulkanologi ?

Pengertian Vulkanologi Menurut Para Ahli


Arti vulkanologi adalah :

Definisi vulkanologi adalah ilmu yang mempelajari tentang gunung berapi. (Sartono, S.Pd.SI & Andiek Kurniawan : 2015)

Pengertian vulkanologi adalah cabang ilmu kebumian yang mempelajari gunung api secara khusus. (Mamat Ruhimat dkk : dalam buku IPS Terpadu Sosiologi, Geografi, Ekonomi, Sejarah) 


Pengertian Vulkanologi

Apa maksud dari kata vulkanologi / pengertian dari istilah vulkanologi ?

Istilah vulkanologi berasal dari dua kata yaitu vulkano yang berarti gunung api dan logos yang berarti ilmu pengetahuan. Pengertian vulkanologi adalah suatu cabang ilmu geologi yang berhubungan dengan gunung berapi. Untuk dapat mengetahui aktivitas gunung berapi, ahli vulkanologi biasanya akan mengunjungi gunung berapi yang masih aktif.

Tujuan dilakukan penyelidikan gunung api adalah untuk memperkirakan kapan gunung api akan meletus agar bisa dijadikan sebagai antisipasi untuk menyelamatkan korban jiwa.

Indonesia termasuk negara yang memiliki banyak gunung api yaitu sebanyak 129 gunung api yang masih aktif atau 15% dari keberadaan gunung api di dunia ada di Indonesia. Banyaknya jumlah gunung api menuntut Indonesia memang harus memiliki banyak ahli vulkanologi. Suatu gunung api yang meletus biasanya akan mengeluarkan tephra (seperti abu, batu apung), batu-batuan, dan lava.

Jenis lava dibagi menjadi tiga jenis antara lain:

  • Lava kental adalah lava yang sangat mudah membeku. Disebut juga sebagai paloeloe lava
  • Lava cair adalah lava yang pembekuannya terjadi di bagian atas. Disebut juga sebagai lava bongkah
  • Lava sangat cair adalah jenis lava yang mengalami pembekuan yang sangat lama. Disebut juga sebagai slags scoriae

Terjadinya letusan gunung berapi disebabkan oleh peningkatan bouyancy dan mobilitas tubuh magma yang terjadi di dalam, di bawah dan di atas magma chamber (penuhnya tubuh magma karena adanya desakan batuan sehingga terjadilah letusan). Bumi yang memiliki banyak cairan dan air di permukaan juga menjadi faktor yang mempengaruhi pembentukan magma. Selain itu lokasi dari gunung api juga mempengaruhi.

Dampak yang ditimbulkan dari adanya letusan gunung berapi antara lain:

  • Jatuhan piroklastik, adalah hujan abu yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia juga berbahaya bagi tumbuhan di sekitarnya karena dapat merontokkan daun dan pepohonan kecil.
  • Aliran piroklastik (awan panas), yang terjadi akibat tiang asap erupsi plinian lalu guguran lidah lava mengalir pda permukaan tanah. Aliran ini biasanya disebabkan oleh gravitasi bumi, dan akan mengalir dari daerah dataran rendah atau lembah.
  • Leleran lava, adalah cairan yang keluar dari perut bumi yang sangat panas
  • Gas vulkanik beracun yang dapat membahayakan pernapasan manusia
  • Banyak menimbulkan korban jiwa

Selain dampak negatif yang ditimbulkan letusan gunung api, ternyata ada dampak positif dari terjadinya gunung api yaitu tanah di sekitar daerah letusan gunung api akan menjadi sangat subur, yang tentunya akan sangat baik bagi kegiatan pertanian.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian vulkanologi dalam geografi. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian vulkanologi secara umum ya ! Baca juga pengertian ceteris paribus dalam ekonomi  🙂