1. Pengertian watermark pada foto itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan watermark ?
  3. Apa arti kata watermark / pengertian watermarking ?
  4. Apa itu watermark photo / apa itu watermark di video ?
  5. Apa fungsi watermark pada foto / fungsi watermark pada kamera?

Pengertian Watermark Pada Foto 


Apa yang dimaksud dengan watermark dan bagaimana cara menggunakannya?

Seorang seniman terkadang ingin diketahui identitasnya oleh orang yang mengagumi karya seni yang Ia buat. Begitu pula dengan fotografer yang ingin namanya diketahui oleh masyarakat lewat karya fotografinya yang membuat decak kagum orang-orang yang melihatnya. Namun, bagaimana cara agar orang-orang bisa mengetahui identitas sang pembuat karya seni tersebut?. Salah satunya adalah dengan cara membubuhi watermark.

Watermark diambil dari kata bahasa inggris yaitu ‘mark’ atau ‘tanda’. Pengertian watermark adalah penanda bahwa sebuah karya seni tersebut dibuat oleh seorang seniman tertentu. Semacam tanda untuk memberitahu kepada orang-orang identitas dari pembuat karya seni. Watermark biasa berbentuk tanda tangan seorang pembuat karya seni. Tidak terkecuali dalam seni fotografi, watermark seringkali dibubuhi signature oleh fotografer untuk menandakan bahwa karyanya adalah karya orisinil dari si fotografer.

Watermark bisa juga berbentuk hanya sebuah simbol yang sudah menjadi penciri bahwa karya tersebut dibuat oleh seniman bersangkutan. Bukan hanya seorang fotografer yang bisa membubuhi karyanya dengan watermark, namun juga bisa dikeluarkan oleh sebuah instansi yang sudah secara legal memiliki hak untuk mempublikasikan karya fotografi tersebut.

Cara membubuhi watermark bagi para fotografer sangat simpel, biasanya dibantu dengan aplikasi digital. Bisa menggunakan photoshop dan aplikasi photo editing lainnya. Pembubuhan watermark biasanya memerlukan marka berformat png, marka yang dimaksud biasanya berbentuk tanda tangan atau identitas sebuah perusahaan yang memiliki hak atas publikasi citra yang bersangkutan. Marka itu lalu dibubuhi ke dalam foto yang ingin disisipi dengan watermark.

Dalam pembubuhan watermark di dalam foto sebaiknya memperhatikan posisi watermark jangan sampai menutupi objek inti dari karya fotografi tersebut. Perlu dipperhatikan juga watermark jangan sampai mengurangi nilai estetika dari foto secara drastis, ataupun informasi yang ingin disampaikan oleh sebuah citra.

Apa fungsi watermark pada foto?

Fungsi watermark ini sendiri juga untuk menghindari adanya penjiplakan karya di kemudia hari. Selain itu, watermark bisa juga digunakan sebagai sarana promosi atau marketing sebuah produk agar masyarakat menyadari bahwa karya yang mereka lihat adalah dari suatu instansi yang sedang berpromosi.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian watermark pada foto. Semoga kalian bisa semakin paham akan pengertian digital watermarking ya!