1. Pengertian white balance dalam fotografi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan white balance ?
  3. Apa arti white balance dalam fotografi ?
  4. Apa definisi white balance ?
  5. Apa pengertian white balance dan fungsinya?

Pengertian White Balance Dalam Fotografi


Apa pengertian white balance pada kamera?

pengertian white balance di kamera dslr – Pernahkah kamu mendengar istilah white balance dalam fotografi? Jika kamu ingin menguasai bidang fotografi maka harus mengerti istilah white balance ini terlebih dahulu. Secara sederhana white balance adalah keseimbangan warna. Di dalam fotografi warnalah yang paling menentukan hasil akhir sebuah foto. Pengaturan white balance yang tepat dalam kamera akan mempengaruhi hasil akhir foto yang kamu ambil. Jadi fungsi white balance tersebut berguna untuk merekam warna asli gambar yang diambil.

Mengapa kita harus memahami white balance?

Sensor kamera memiliki keterbatasan untuk merekam warna. Keterbatasan tersebut dapat kita rasakan ketika mata kita melihat pemandangan sunrise yang indah dengan warna matahari terbit yang keemasan namun setelah pemandangan indah tersbut kita abadikan lewat kamera hasilnya akan berbeda dari apa yang kita lihat. Warna yang direkam oleh sensor kamera tidak sebaik dengan warna yang ditangkap oleh mata kita saat melihat langsung indahnya sunrise. Karena itulah white balance diperlukan agar warna objek foto yang terekam kamera dapat akurat dan sesuai dengan warna aslinya. Apalagi jika kamu memotret dengan pencahayaan yang berubah-ubah, sumber pencahayaan yang berubah-ubah tersebut akan mempengaruhi warna foto.

Bagaimana langkah langkah pengaturan white balance / setting pengaturan white balance kamera dslr? Sebutkan preset white balance!

Untuk mengatur white balance, di kamera digital saat ini sudah memiliki white balance preset sehingga kamu secara otomatis dapat mengatur kondisi white balance sesuai dengan sumber pencahayaan yang kamu gunakan. Beberapa mode white balance preset yang tersedia di kamera antara lain :

Auto : mode ini paling mudah untuk digunakan untuk semua situasi sehingga kamera secara otomatis akan mengatur white balance hingga sesuai.

Tungsten : untuk mode satu ini digunakan saat kamu memotret dengan sumber pencahayaan di bawah lampu bohlam

Flurescent : mode ini digunakan saat memotret dengan sumber pencahayaan dari lampu neon

Daylight : mode daylight cocok kamu gunakan ketika memotret di bawah sinar matahari secara langsung

Cloudy : ketika kamu hunting foto saat cuaca mendung dan kamu ingin mendapatkan warna yang akurat untuk fotomu, maka gunakanlah mode ini

Flash : mode ini umumnya diaktifkan ketika kamu memotret menggunakan bantuan flash

Shade : mode shade digunakan saat kamu memotret dengan bantuan cahaya matahari secara tidak langsung seperti saat berada di bawah pohon.

Meskipun di kamera saat ini sudah dilengkapi dengan white balance preset, namun kamu juga bisa mengatur white balance setelah foto diambil dengan bantuan software photo editing. Jangan lupa untuk memilih format RAW agar mudah untuk diolah.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian white balance dalam fotografi. Semoga kalian bisa memahami pengertian white balance dan fungsinya secara umum ya!