1. Pengertian berita acara pemeriksaan itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan berita acara pemeriksaan ?
  3. Apa pengertian berita acara pemeriksaan barang ?
  4. Apa arti kata berita acara pemeriksaan ?
  5. Apa itu berita acara pemeriksaan ?

Pengertian Berita Acara Pemeriksaan Menurut Para Ahli


Arti berita acara pemeriksaan adalah :

Definisi berita acara pemeriksaan adalah suatu catatan yang berisi tentang segala bentuk kejadian di dalam penyidikan yang berkaitan dengan pemeriksaan di tingkat penyidikan seperti pemeriksaan terhadap tersangka, pemeriksaan terhadap para saksi, pemeriksaan terhadap saksi ahli dan penghentian penyidikan. (Bambang Semedi, Op.Cit, hal. 5)

Pengertian berita acara pemeriksaan adalah dasar permulaan untuk menyusun surat tuntutan dan surat dakwaan di muka persidangan. (O.C. Kaligis & Associates : 2005)

Pengertian berita acara pemeriksaan adalah suatu dokumen tertulis yang menerangkan, memuat / mencantumkan keterangan terduga pelanggar, saksi dan / atau ahli. (peraturan kepala kepolisian negara RI nomor 19 tahun 2012)

Pengertian berita acara pemeriksaan barang adalah dokumen yang dibuat oleh para pengguna barang dan jasa pemborongan yang ditandatangani oleh pengguna dan penyedia barang dan jasa pemborongan yang berisikan laporan pelaksanaan penyediaan barang dan jasa pemborongan. (peraturan menteri keuangan nomor 105/pmk.06/2005)

Pengertian berita acara pemeriksaan pekerjaan adalah berita acara yang dibuat dan ditandatangani secara
bersama-sama oleh kontraktor dan konsultan atau pihak kedua dan pengawas yang isinya menyatakan bahwa prestasi pekerjaan sudah dilaksanakan / dicapai oleh kontraktor atau pihak kedua dilapangan.

Pengertian berita acara pemeriksaan saksi adalah alat bukti surat yang bisa berisi laporan / aduan dan keterangan dari para saksi. 

Pengertian berita acara pemeriksaan kas kecil adalah suatu laporan yang dibuat untuk memeriksa apakah jumlah saldo kas kecil menurut pembukuan sudah sama jumlahnya dengan saldo kas kecil menurut perhitungan secara fisiknya. 


Pengertian Berita Acara Pemeriksaan (BAP)

Secara umum, pengertian Berita Acara Pemeriksaan (BAP) adalah suatu laporan dari hasil pemeriksaan seorang tersangka, saksi-saksi, surat dan barang bukti lainnya yang dilakukan dalam pemeriksaan suatu tindak pidana. BAP ini dibuat oleh seorang penyidik maupun jaksa penuntut umum yang digunakan sebagai bukti di pengadilan.

Apa tujuan berita acara pemeriksaan / fungsi berita acara pemeriksaan ?

Fungsi dari BAP adalah sebagai bentu krujukan dari tindakan yang akan diambil selanjutnya. Contohnya adalah penentuan lamanya hukuman yang diberikan kepada tersangka, maka seorang jaksa memerlukan BAP dari seorang penyidik.

Istilah-istilah yang sering ditemukan di dalam BAP, diantaranya:

  • Penyidik adalah pejabat pegawai negeri sipil atau kepolisian negara Republik Indonesia yang diberikan wewenang khusus untuk melakukan penyidikan sesuai dengan ketetapan Undang-Undang yang berlaku.
  • Penyidikan adalah segala tindakan yang dilakukan oleh seorang penyidik untuk mengumpulkan bukti sesuai dengan ketentuan UU dimana bukti tersebut nantinya akan dijadikan sebagai bukti terang tindak pidana yang terjadi dan untuk menemukan siapa tersangkanya.
  • Penasihat hukum adalah seseorang yang tugasnya untuk memberikan bantuan hukum di pengadilan sebagainmana yang diatur dalam UU.
  • Tersangka adalah seseorang yang karena perbuatan atau tindakan yang dilakukannya terbukti benar sebagai pelaku dari suatu tindak kejahatan.
  • Saksi adalah orang yang memberikan keterangan terkait proses kejahatan yang dilakukan oleh seorang tersangka kepada korban. Seorang saksi nantinya diperlukan pada proses pengadilan untuk memberikan bukti secara jelas mengenai deretan peristiwa terjadinya suatu kejahatan.

Jenis-jenis acara pemeriksaan pada BAP, antara lain:

  • Acara Pemeriksaan Biasa

Pengertian acara pemeriksaan biasa adalah pembuktian dan penerapannya biasa namun diperlukan kehati-hatian dalam menangani suatu perkara apalagi perkara tersebut sulit dibuktikan dan sulitnya untuk menarik perhatian masyarakat

  • Acara Pemeriksaan Singkat

Pengertian acara pemeriksaan singkat adalah perkara atau tindakan kejahatan yang tidak termasuk dalam ketentuan pasal 205 dan menurut penuntut umum peneeapannya dan pembuktian hukumnya mudah dan sifatnya sederhana

  • Acara Pemeriksaan Cepat

Pengertian acara pemeriksaan cepat adalah tindakan pidana dimana penerapan dan pembuktiannya dilakukan secara cepat.

Pemeriksaan cepat terdiri dari pemeriksaan tindak pidana ringan dimana tersangka akan dijatuhkan kurungan penjara selama 3 bulan atau denda sebanyak-banyaknya sebesar Rp 7.500 dan penghinaan ringan kecuali yang ditentukan dalam paragraf ke-2, dan pemeriksaan tindak pidana pelanggaran lalu lintas jalan dimana seseorang melanggar ketentuan dari UU lalu lintas jalan. Pelanggaran lalu lintas jalan ini tidak memerlukan pemeriksaan lebih lanjut dan pelaksaannya lebih mudah.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian berita acara pemeriksaan dan contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian berita acara pemeriksaan secara umum ya ! Baca juga pengertian bulu tangkis dan teknik dasarnya 🙂