1. Pengertian faktur dan fungsinya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan faktur ?
  3. Apa arti kata faktur ? Apa itu faktur ?
  4. Apa pengertian faktur dan contohnya ?
  5. Apa pengertian faktur penjualan dan pembelian ?
  6. Apa pengertian faktur dan jenis jenis faktur

Pengertian Faktur Menurut Para Ahli


Arti faktur adalah :

Pengertian faktur adalah sebuah daftar yang dikirimkan oleh si penjual kepada si pembeli yang memuat keterangan harga dsb (Maharadja Gazali : 1950 ‎dalam buku Hukum dan pengetahuan dagang)

Definisi faktur adalah tanda bukti pembayaran pembelian suatu barang. (Losina Purnastuti, Dhyah Setyorini : 2008)

Pengertian faktur pajak adalah suatu bukti pungutan pajak yang dibuat oleh PKP (Pengusaha Kena Pajak) yang melakukan penyerahan atas Barang Kena Pajak atau penyerahan Jasa Kena Pajak. (dalam UU PPN. Pasal 1 angka 23)

Pengertian faktur penjualan adalah bukti transaksi ataulembar bukti tagihan atau kepada pelanggan atas pembelian suatu barang atau jasa. Faktur penjualan ini pada umumnya dikirim oleh penjual atau pemasok bersamaan dengan atau setelah pengiriman barang / jasa dilakukan.

Pengertian faktur penjualan tunai adalah dokumen-dokumen yang digunakan untuk mencatat berbagai informasi yang diperlukan oleh manajemen atas transaksi penjualan yang dilakukan secara cash / tunai.

Pengertian faktur pembelian adalah bukti pembelian yang telah dilakukan oleh konsumen yang dibuat oleh pihak si penjual. 


Bagi teman-teman yang sudah berpengalaman di bidang perdagangan alias jual beli tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya faktur yang selalu siap sedia di meja kasir atau bagian penjualan. Secara umum pengertian faktur adalah lembaran kertas fisik ataupun elektronik yang memuat daftar barang-barang yang dipesan oleh pembeli beserta rincian dan total harga yang harus dibayarkan.

Faktur ini kemudian diberikan atau dikirimkan kepada pembeli ketika mengirim barang untuk menginformasikan detail barang dan jumlah tagihan yang harus dibayarkan. Faktur biasanya memuat data barang berupa nama barang, harga satuan, jumlah barang, potongan harga jika ada, serta total harga. Selain itu ada juga data lain seperti nama dan alamat pembeli, tanggal transaksi, serta tanda tangan kedua belah pihak.

Faktur sangat mudah ditemukan dan tersedia di toko-toko alat tulis. Namun untuk toko yang cukup besar atau selevel perusahaan biasanya mereka memesan sendiri ke percetakan sehingga desainnya bisa disesuaikan dengan keinginan mereka, seperti menambahkan logo dan nama toko atau menambahkan detail-detail tertentu.

Dibandingkan faktur biasa tentu saja faktur pesanan terlihat lebih berkelas dan sebagian juga dicetak dengan jenis kertas yang berbeda dengan faktur pada umumnya. Sebuah faktur biasanya dibuat rangkap tiga, satu untuk pembeli, satu untuk penjual, dan satu untuk arsip. Lalu apa fungsi faktur ?

Faktur dapat dikategorikan kepada surat atau dokumen perdagangan yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal diantaranya :

  • Sebagai informasi bagi pembeli mengenai rincian barang yang diterima beserta harganya, apakah sudah sesuai dengan pesanan dan sudah sesuai dengan fisik barang
  • Sebagai informasi bagi pembeli mengenai jumlah uang yang harus dibayarkan beserta tenggat waktunya
  • Sebagai rujukan jika pembeli ingin komplain mengenai ketidaksesuaian pesanan dengan barang yang diterima atau ketidaksesuaian faktur dengan fisik barang
  • Sebagai informasi dan rujukan ketika pihak penjual akan melakukan pencatatan laporan keuangan
  • Sebagai rujukan jika ternyata barang yang tercatat di faktur akan dijual kembali kepada pihak lain
  • Sebagai salah satu syarat dibayarkannya L/C atau letter of credit oleh pihak bank.

Itulah penjelasan singkat tentang macam macam faktur dan pengertiannya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian faktur dan fungsinya secara umum ya ! Baca juga pengertian dolmen dan menhir 🙂