1. Pengertian fosil dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan fosil dan berikan contohnya!
  3. Apa arti kata fosil? Apa itu fosil ?
  4. Apa yang dimaksud dengan fosil tuliskan beberapa manfaatnya!
  5. Apa pengertian fosil dan manfaatnya ?

Pengertian Fosil Menurut Para Ahli


Arti fosil adalah :

Pengertian fosil adalah sisa-sisa hewan dan tumbuhan yang sudah membatu atau bisa juga berupa jejak-jejak organisme yang terdapat pada bebatuan. (Tetty Setiowati & Deswaty Furqonita : 2007)

Definisi fosil adalah sisa-sisa atau jejak terawetkan dari suatu organisme yang hidup di masa lampau yang merupakan dokumen historis biologi. (Neil A. Campbell dkk : 2003) 


Fosil berasal dari bahasa Latin “fossa” yang berarti menggali keluar dari dalam tanah. Secara umum, fosil memiliki arti sisa-sisa dari makhluk hidup baik hewan, tumbuhan, maupun manusia yang telah membatu. Fosil terbentuk dalam kurun waktu yang sangat lama, bisa ribuan hingga jutaan tahun. Fosil ini sendiri ada yang berbentuk fosil biasa dan fosil ter. Fosil biasa terbentuk dari batu ambar, dan fosil ter contohnya adalah batu yang ada di sumur La Brea di California.

Mempelajari fosil dan proses terbentuknya fosil sangat penting dalam kehidupan kita, karena dengan demikian kita bisa mengetahui bagaimana proses ini terbentuk, beserta dengan isinya. Fosil yang paling sering ditemukan biasanya sudah berbentuk tulang atau tengkorak, untuk yang bentuknya masih lunak sangatlah jarang ditemukan.

Proses pembentukan fosil melalui tahapan sedimen atau endapan-endapan yang banyak ditemukan di permukaan terbuka seperti garis pantai dan laut yang dangkal. Bagaimana syarat agar fosil bisa terbentuk?

  • Makhluk hidup tersebut memiliki kerangka tubuh yang keras
  • Proses pembentukannya secara alami tanpa bantuan bakteri pembusuk
  • Kadar oksigen yang terkandung sangat sedikit
  • Terjadi dalam kurun waktu yang sangat lama hingga ribuan bahkan jutaan tahun
  • Mengalami proses pengawetan

Dalam mempelajari fosil, akan ditemui istilah “fosil hidup” maksudnya adalah fosil yang masih bisa diketahui wujud aslinya. Jenis fosil ini nantinya akan melalui tahap penelitian terlebih dahulu. Kita bisa mengetahui itu jenis makhluk hidup apa dengan melakukan perbandingan dengan makhluk yang menyerupainya. Lalu apa manfaat fosil bagi kehidupan manusia ?

Fosil memiliki manfaat yang sangat banyak dalam kehidupan kita. Tau bensin yang sering kita gunakan untuk menjalankan kendaraan? Itu terbuat dari fosil lho! Minyak, batubara , dan gas bumi terbentuk dari fosil yang disebut sebagai bahan bakar fosil. Terbentuk dari sisa-sisa zat organik dari berbagai jenis organisme atau makhluk hidup pada zaman prasejarah.

Selain digunakan sebagai bahan bakar, ternyata fosil memiliki fungsi untuk mengetahui kita sebenarnya berada di lingkungan apa saat ini. Sebagai contohnya: ditemukannya fosil hewan laut jenis brachiopoda di bebatuan pasir di sungai yang tidak jauh tempatnya dari tempat tinggal kita. Dengan temuan fosil tersebut, kita dapat memprediksi bahwa wilayah tempat tinggal kita adalah samudra pada ribuan tahun yang lalu.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian fosil dan jenisnya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian fosil dan contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian romantisme dalam seni rupa 🙂