1. Pengertian hutan hujan tropis dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan hutan hujan tropis dan manfaatnya ?
  3. Apa pengertian hutan hujan tropis dan contohnya ?
  4. Apa arti kata hutan hujan tropis ?
  5. Apa itu hutan hujan tropis ?

Pengertian Hutan Hujan Tropis Menurut Para Ahli


Arti hutan hujan tropis adalah :

Pengertian hutan hujan tropis adalah hutan yang pohonnya tinggi dan rapat serta tanahnya ditumbuhi rerumputan. (Eryadi, S.Pd : 2007)

Definisi hutan hujan tropis adalah hutan yang berada di sekitar garis khatulistiwa yang didalamnya banyak tumbuh tumbuhan tropis. Contoh hutan hujan tropis di Indonesia yaitu hutan yang berada di Kalimantan, Sumatera, Papua dan Sulawesi. (Sarwiyanto : 2009) 


Hutan hujan tropis sering disebut dengan hutan hujan tropika. Secara umum pengertian hutan hujan tropis adalah jenis hutan yang terdapat di kawasan beriklim tropis yang sering mendapatkan curah hujan sepanjang tahunnya. Curah hujannya bisa mencapai 1200 mm per tahun. Hutan jenis ini banyak ditemui didekat garis khatulistiwa pada lintang 00 – 100 ke arah Utara dan Selatan garis khatulistiwa. Hutan ini banyak ditemui di negara-negara seperti Asia, Australia, Afrika, Amerika Tengah dan Amerika Selatan (Veezuela). Hutan hujan terbesar di dunia adalah hutan hujan Amazon yang terletak di daerah Amazon.

Hutan hujan tropis dijuluki sebagai paru-paru dunia karena sebanyak 40 persen dari produksi oksigen di dunia berasal dari hutan yang satu ini. Hutan ini juga dijadikan sebagai rumah bagi setengah dari spesies flora dan fauna yang ada di dunia.

Apa ciri ciri hutan hujan tropis / ciri ciri ekosistem hutan hujan tropis ? Ciri-ciri hutan hujan tropis antara lain:

1. Berada di lokasi dengan iklim tropis.

2. Tipe pohonnya berdaun lebar, bercabang banyak, lebat (rimbun), dan memiliki bentuk lapisan berupa tajuk. Ada tiga jenis tajuk pada hutan hujan tropis, diantaranya:

  • Lapisan pohon yang paling tinggi, sering disebut sembulan yang akan membentuk kanopi (tumpang tindih) menaungi tanaman lainnya. Pohon pada lapisan ini memiliki tinggi batang bebas 30 m, dengan lebar batang 4.5 meter
  • Lapisan kanopi hutan menengah, seperti tanaman merambat dan perdu. Tinggi pohonnya 24-36 meter
  • Lapisan tajuk bawah atau lapisan permukaan, yang tersusun dari pohon-pohon muda, rumput dan lumut.

3. Menerima banyak curah hujan sepanjang tahunnya dengan tingkat ekstrim curah hujan tertinggi mencapai 10.000 mm per tahunnya. Sangat fantastis! Kondisi ini ditemukan di daerah Papua Nugini dan di daerah Barat Kolombia

4. Keanekaragaman biotanya sangat tinggi (tumbuhan, hewan, bahkan jenis jamur)

5. Temperaturnya cenderung stabil dengan rata-rata suhu berada pada tingkatan 20-340C.

6. Mendapat sinar matahari penuh sepanjang tahunnya khususnya di daerah yang berada pada lintang 50-100C ke arah Utara dan Selatan garis khatulistiwa.

7. Adanya kerja sama atau hubungan simbiosis yang terjadi antara spesies yang ada didalamnya.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian hutan hujan tropis beserta contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian hutan hujan tropis beserta ciri cirinya secara umum ya ! Baca juga pengertian hutan sabana 🙂