1. Pengertian jari jari atom dan energi ionisasi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan jari jari atom dan energi ionisasi ?
  3. Apa arti jari jari atom dan energi ionisasi ?
  4. Jelaskan hubungan antara jari jari atom dan energi ionisasi!
  5. Apa perbedaan jari jari atom dan energi ionisasi ?

Pengertian Jari Jari Atom dan Energi Ionisasi Menurut Para Ahli


Definisi jari jari atom dan energi ionisasi adalah :

Pengertian jari jari atom adalah jarak antara inti atom sampai ke kulit terluar atom. Dalam satu periode dari kiri ke kanan, jari jari atom akan semakin mengecil dikarenakan jumlah elektron dan muatan inti semakin bertambah banyak sehingga semakin kuat gaya tarik inti terhadap elektron terluar. Sedangkan dalam satu golongan dari atas ke bawah, jari-jari atom akan semakin besar dikarenakan jumlah kulit semakin bertambah. Perlu diketahui bahwa jari-jari atom berbanding lurus dengan jumlah kulit. Pengertian energi ionisasi adalah energi yang dibutuhkan oleh atom untuk melepaskan satu elektron dari kulit terluarnya. Dalam satu periode dari kiri ke kanan, energi ionisasi akan semakin membesar dikarenakan jari-jari atom semakin kecil sehingga akan semakin sulit untuk melepaskan elektron. Sedangkan dalam satu golongan dari atas ke bawah, energi ionisasi akan semakin mengecil dikarenakan jari-jari atom semakin besar sehingga akan semakin mudah untuk melepaskan elektron. (Drs. Joko Untoro : 2010) 


Pengertian Jari Jari Atom dan Sifatnya

Apa pengertian dan macam jari-jari atom? Apa pengertian jari jari atom dan contohnya ?

Pengertian jari jari atom adalah jarak dari suatu inti atom ke orbital terluar elektron dalam suatu atom dalam keadaan yang seimbang. Jari-jari atom biasanya akan diukur dalam satuan pikometer atau angstrom. Karena elektron-elektron dalam suatu atom senantiasa bergerak, amak untuk mengetahui berapa jarak dari inti atom ke jari-jari atom amatlah sulit. Dalam suatu tabel unsur periodik, suatu jari-jari atom senantiasa menurun jika dilihat dari kiri ke kanan. Namun akan senantiasa meningkat jika dilihat dari atas ke bawah.

Jari-jari atom biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah:

  • Jumlah kulit atom. Jika jumlah kulit pada atom bertambah maka jari-jari atomnya akan semakin besar, dan sebaliknya
  • Jumlah proton. Apabila proton bertambah jumlahnya maka gaya tarik inti atom akan semakin kuat dan sebaliknya
  • Jari-jari atom yang semakin besar, maka akan menghasilkan energi ionisasi yang semakin kecil

Jenis jari-jari atom, diantaranya:

  • Jari-jari kovalen

Digunakan untuk mengukur elemen-elemen pada ikatan atom yang kovalen. Pada umumnya elemen ini adalah elemen non logam. Jari-jari atom yang tidak dapat saling berkovalen atau berikatan dapat dilakukan kombinasi dengan jari-jari atom dengan elemen-elemen yang dapat berikatan antara yang satu dengan yang lainnya dalam suatu molekul untuk atom yang berbeda.

  • Jari-jari logam

digunakan untuk mengukur elemen-elemen yang masuk dalam kategori logam.

  • Jari-jari van der waals

digunakan untuk mengukur elemen-elemen pada suatu atom yang tidak dapt saling berikatan. Contohnya adalah gas mulia.

Pengertian Energi Ionisasi dan Contohnya

Pengertian energi ionisasi adalah energi minimum yang dibutuhkan oleh suatu atom untuk dapat melepaskan gas pada sebuah elektron yang terdapat pada kulit terluarnya. Semakin ke bawah energi ionisasi maka nilainya akan semakin kecil. Akan tetapi semakin ke kanan maka nilai gaya tarik intinya akan semakin besar dan kuat . jadi semakin besar gaya tarik antara suatu proton pada inti atom, maka elektron-elektron yang ada didalamnya akan semakin sulit untuk dilepas. Maka dari itu energi ionisasinya akan semakin besar.

Ada beberapa pengecualian yang perlu diperhatikan pada tabel periodik suatu atom, diantaranya golongan IIA, VA, dan VIIIA, yang mempunyai energi ionisasi yang sangat besar bahkan lebih besar daripada energi ionisasi yang ada tepat di sebelah kanannya yaitu golongan IIIA, dan VIA. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena golongan IIA, VA, dan VIIIA memiliki konfigurasi elektron yang relatif cukup stabil sehingga elektron-elektron yang terdapat pada kulit terluarnya sulit untuk dilepaskan.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian jari jari atom dan energi ionisasi serta hubungan jari jari atom dan energi ionisasi. Semoga kalian bisa menjelaskanyang dimaksud dengan jari jari atom dan energi ionisasi secara umum ya ! Baca juga pengertian jenazah dalam islam 🙂