1. Pengertian pasar lokal dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan pasar lokal dan berikan contohnya ?
  3. Sebutkan ciri ciri pasar lokal ! Apa fungsi pasar lokal ?
  4. Apa arti pasar lokal ? Apa itu pasar lokal ?
  5. Apa perbedaan pasar lokal dan nasional ?

Pengertian Pasar Lokal Menurut Para Ahli


Arti pasar lokal adalah :

Definisi pasar lokal adalah pasar yang mempertemukan para penjual dan pembeli dari berbagai wilayah atau  daerah tertentu saja. Sedangkan pengertian pasar nasional adalah pasar yang mempertemukan penjual dan pembeli dari berbagai wilayah atau daerah dalam suatu negara. Contoh pasar nasional adalah pasar tembakau di Deli dan pasar kayu putih di Ambon. (Eeng Ahman : 2007)

Pengertian pasar lokal adalah pasar yang ada di setiap daerah, yang memperjualbelikan berbagai barang yang diperlukan oleh penduduk daerah tersebut. Contoh pasar lokal adalah Pasar Gede di Solo. (Zicheng Hong : 2011)

Pengertian pasar lokal adalah pasar yang transaksi perdaganganya adalah perdagangan lokal atau hanya meliputi tempat tertentu saja. Komoditas yang diperdagangkan dalam pasar lokal adalah berbagai jenis barang untuk keperluan hidup sehari-hari seperti: beras, gula, sabun, susu, buah, sayur mayur, hasil hutan dan hasil pertanian. (Drs. Bambang Prishardoyo dkk) 


Pasar menjadi salah satu tempat yang paling sering dikunjungi dalam kehidupan sehari-hari. Pasar sendiri memiliki arti sebagai tempat dimana bertemunya antara pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi jual beli baik itu berupa barang ataupun jasa.

Pasar sendiri memiliki beragam jenis dan klasifikasi yang berbeda yang dibedakan dengan beragam klasifikasi mulai dari menurut wujudnya, menurut barang yang diperjual belikan, menurut waktu penyelenggaraan, menurut organisasinya dan juga menurut luas jangkauan. Untuk pasar lokal sendiri termasuk menjadi klasifikasi pasar menurut luas jangkauannya.

Selain pasar lokal, klasifikasi pasar yang dibedakan berdasarkan luas jangkauannya adalah pasar daerah, pasar nasional dan pasar internasional. Yang membedakan dari pasar yang dibagi berdasarkan daerah jangkauannya tentu saja dari luas jangkauan dari penjualan pasar tersebut. Pengertian pasar lokal adalah tempat dimana untuk melakukan aktivitas jual beli yang menyediakan kebutuhan untuk masyarakat sekitar dan hanya melakukan penawaran disekitar daerah tersebut saja.

Pasar lokal juga memiliki arti sebagai tempat untuk menjual ataupun membeli barang atau produk dari kota dimana barang tersebut dihasilkan. Dengan kata lain, pengertian pasar lokal adalah pasar yang hanya melayani permintaan dalam satu kota saja baik itu untuk permintaan ataupun untuk penawaran.

Apa ciri ciri pasar lokal ? Adapun ciri ciri pasar lokal yang membedakan dengan pasar lainnya yaitu ;

  1. Pasar lokal hanya melayani barang yang berasal dari daerah pasar tersebut berada,
  2. Barang yang ditawarkan merupakan barang lokal,
  3. Pemasaran juga hanya terbatas pada kota pasar tersebut berada,
  4. Barang merupakan barang kebutuhan masyarakat sekitar,

Apa saja contoh pasar lokal di Indonesia dan di dunia? Ada banyak sekali saat ini pasar lokal yang tersebar di Indonesia, sebagai contohnya yaitu;

  1. Pasar Klewer yang menyediakan barang berupa batik khas Solo,
  2. Pasar lokal Souq Hajar yang berada di lokasi Pantai Barat Teluk Arab.
  3. Pasar Cihapit di Bandung.
  4. Pasar Angso duo di Jambi dsb.

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian pasar lokal dan contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan yang dimaksud dengan pasar lokal atau setempat secara umum ya ! Baca juga pengertian siaga bencana & pengertian pasar modal dan contohnya  🙂