1. Pengertian blur pada fotografi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan blur ?
  3. Apa arti blur pada fotografi & apa fungsi dari blur ?
  4. Apa itu motion blur? Apa blur arti dalam bahasa indonesia?
  5. Bagaimana teknik blurring fotografi / cara membuat gambar blur pada kamera dslr?

Pengertian Blur Pada Fotografi


Pengertian Istilah Blur dalam Fotografi

definisi blur pada fotografi – Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Blur. Dalam bahasa Indonesia sendiri blur memiliki istilah lain yaitu kabur atau remang-remang. Begitu pula dalam dunia fotografi, Blur adalah salah satu teknik dasar dan cukup menjadi favorit para fotografer dalam memainkan kameranya untuk mendapatkan hasil yang terbilang keren yaitu dengan menjadikan background foto menjadi blur, karena hal tersebut yang membedakan hasil foto kamera DSLR dengan kamera biasa seperti fitur di telepon seluler.

Dalam fotografi model, backgroud yang blur ini disebut dengan bokeh, sedangkan efek blur pada umumnya digunakan dalam teknik panning.

Bagaimana cara membuat efek blur pada kamera dslr / teknik blurring dalam fotografi?

Dalam menghasilkan hasil foto dengan background blur, terdapat beberapa faktor dan teknik yang perlu digunakan atau diaplikasikan saat proses pembidikan. Faktor pertama yaitu Depth of Field (DOF) yang berarti ruang ketajaman atau kedalaman ruang.

DOF sendiri merupakan penjabaran dari luasan daerah yang tajam dan daerah yang tidak tajam atau kita sebut blur pada sebuah gambar yang dibidik atau diambil dengan kamera. Tajam memiliki arti bahwa kedetailan dari sebuah objek jelas terlihat, atau tidak remang-remang.

Faktor kedua yang memperngaruhi keburaman sebuah foto, yaitu pengaruh lensa. Mengapa? Karena jenis lensa yang kita gunakan sangat berperan penting terhadap kualitas gambar yang dihasilkan, dalam hal ini perihal tingkat blurnya. Yang harus kita tahu sebenarnya adalah, semakin panjang focal lensa yang kita digunakan maka semakin tinggi tingkat intensitas blur pada background hasil bidikan kita.

Hal lain yang mempengaruhi blur dalam gambar adalah jarak background dengan objek. Tentu saja hal tersebut sangat berpengaruh. Jarak background dengan subjek minimal 5 cm sedangkan jarak kamera dengan subjek termasuk relatif, tidak pasti ketentuan jaraknya, tergantung kebutuhan. Yang perlu kita diketahui adalah semakin jauh jarak kita terhadap subjek foto maka tingkat intensitas blur pada foto juga akan semakin tinggi. Sehingga kita perlu menyesuaikan jarak yang paling sesuai untuk mendapatkan hasil foto dengan tingkat blur yang diinginkan.

Selanjutnya yang mempengaruhi blur pada foto adalah besaran dari sebuah subjek. Berkaitan dengan jarak, besaran subjek akan mempengaruhi jarak yang perlu kita ambil saat membidik gambar. Yang perlu kita tahu adalah semakin kecil subjek kita, atau semakin sempit wilayah subjek kita, maka akan semakin dekat jarak yang diperlukan antara subjek dengan background.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian blur pada fotografi & cara membuat blur pada kamera dslr. Nah semoga kalian bisa mengetahui teknik blurring pada fotografi ya!