1. Pengertian focus ring dalam fotografi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan focus ring photography ?
  3. Apa arti kata focus ring ? Apa itu focus ring ?
  4. Apa pengertian focus ring pada kamera
  5. Apa fungsi focus ring / ring foto fokus?

Pengertian Focus Ring Dalam Fotografi


Memilih Fokus Sendiri dengan Focus Ring

pengertian focus ring pada kamera – Apabila kita terjun dalam dunia fotografi, tentu alat yang paling utama dan penting adalah kamera. Kamera pun di dalamnya juga terdapat bagian yang sangat vital yaitu lensa. Lensa sendiri berfungsi untuk memfokuskan cahaya hingga dapat menembus ke medium penangkap jika menggunakan kamera film. Pada kamera digital, cahaya yang difokuskan lensa masuk dan ditangkap oleh sensor gambar.

Jenis dan kegunaan lensa yang berkembang saat ini sangatlah banyak. Lensa-lensa tersebut juga memiliki variasi fokus yang berbeda-beda. Nah, di bagian luar di paling depan lensa biasanya terdapat semacam cincin yang mengitari lensa. Cincin ini tujuannya untuk mengatur fokus foto secara manual yang dapat kita putar ke kiri dan kanan sesuai fokus yang diinginkan. Bagian yang berbentuk cincin inilah yang dinamakan cincin fokus atau focus ring.

Focus Ring ini hadir sebagai solusi untuk mendapatkan gambar yang tajam dengan manual sesuai yang kita inginkan. Terkadang ketika kita mensetting kamera kita dengan mode auto focus, kita masih mendapatkan gambar yang blur dan kurang bisa fokus. Lebih lagi auto focus terkadang salah mendeteksi objek utama kita yang mau kita pertajam gambarnya. Semisal kita mau ambil bagian depan foto tajam dan backgroundnya blur, namun bisa jadi auto focus menemukan objek yang ada pada background yang menurutnya menonjol.

Auto focus juga sulit digunakan pada kondisi minim cahaya atau malam hari. Terlebih lagi apabila objek yang akan difoto selalu bergerak, auto focus bakal kebingungan dan berpindah-pindah, ini menyebabkan proses kita mendapatkan foto jadi lama dan bisa jadi kita malah kehilalngan momen karena menunggu auto focus mengunci titik fokusnya. Selain itu, apabila menggunakan bukaan aperture yang lebar yang mempersempit daerah fokus, terkadang menyebabkan si auto focus ini sulit menangkap objek. Saat inilah yang terbaik kita menggunakan mode manual fokus dan mulai menggunakan focus ring.

Cara menggunakan focus ring pada kamera sangat mudah. Pertama, pilih sistem fokus manual yang terletak pada bagian lensa. Kemudian putar focus ring lensa kamera hingga kita mendapatkan fokus yang kita mau. Kita juga bisa melihat beberapa elemen di sekitar objek utama dalam kondisi blur atau fokus, ini juga bisa menjadi variasi objek foto. Latihlah terus insting fokus kita sehingga dalam kondisi manual pun, kita dapat mengambil momen sebaik-baiknya.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian focus ring dalam fotografi. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian focus ring pada kamera secara umum ya !