1. Pengertian noise dalam fotografi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud noise dalam fotografi ?
  3. Apa arti kata noise dalam fotografi ? Apa itu noise dalam photography ?
  4. Apa pengertian noise pada fotografi?

Pengertian Noise Dalam Fotografi


Apa pengertian noise dalam photography / arti noise dalam fotografi?

Pengertian noise dalam fotografi adalah bintik-bintik pada foto yang dihasilkan karena pengaturan ISO yang dinaikkan sehingga sensor kamera lebih sensitif terhadap cahaya yang masuk. ISO sendiri dapat diartikan sebagai nilai sensitivitas sensor terhadap cahaya yang ditangkap. Jadi yang akan mempengaruhi noise tidaknya hasil foto yang kamu jepret adalah pengaturan angka pada ISO.

Nilai ISO pada kamera dimulai dari yang terendah-tertinggi adalah ISO 100 – ISO 200 – ISO 400 – ISO 800 – ISO 1600 – ISO 3200 – ISO 6400 – dst. Semakin besar nilai ISO maka semakin sensitif pula kemampuan sensor menangkap cahaya. Semakin besar nilai ISO juga akan mempengaruhi semakin banyak pula noise yang terdapat pada foto. Banyaknya noise pada sebuah foto otomatis akan mempengaruhi nilai estetika foto tersebut. Terkadang saking banyaknya noise yang terdapat dalam foto karena pengaturan ISO yang tinggi, membuat noise bersebaran pada hasil foto yang kamu potret sehingga hal itu sangat mengganggu.

Terkadang memang dilematis ketika fotografer dihadapkan dalam kondisi minim cahaya (low light) yang mengharuskan mereka untuk mengatur ISO yang tinggi agar obyek terlihat jelas. Hasilnya dengan ISO yang tinggi pastinya akan ada banyak noise.

Namun karena kecanggihan teknologi yang ada saat ini, masalah noise dalam foto tersebut dapat diatasi dengan bantuan software yang bisa mengurangi noise pada foto. Namun jika kamu punya budget berlebih dan terbiasa memotret dalam kondisi low light maka belilah kamera DSLR canggih yang saat ini sudah memiliki fitur noise reduction atau pengurang noise. Dengan fitur tersebut maka foto yang kamu hasilkan dengan settingan ISO besar tidak akan terlalu noise seperti hasil foto pada kamera biasa yang tidak memiliki fitur tersebut.

Cara mudah agar fotomu tidak terlalu noise sehingga hasilnya tetap oke maka gunakanlah ISO normal pada angka ISO 200 – 800. Pada angka tersebut hasil foto akan tetap bagus dan tidak noise. Kalaupun terpaksa kamu harus memotret di cahaya yang minim maka untuk menghindari foto yang noise kamu bisa menggunakan bantuan lighting. Jika bantuan lighting tidak memungkinkan maka kamu harus pandai-pandai menentukan waktu hunting foto saat kondisi cahaya tidak terlalu gelap. Alternatif lainnya kamu bisa mengatur shutter speed agar bisa menangkap lebih banyak cahaya sehingga tidak mengorbankan nilai ISO yang tinggi.


Nah itulah penjelasan singkat tentang pengertian noise dalam fotografi. Semoga kalian bisa memahami makna istilah noise dalam fotografi ya!