1. Pengertian panning dalam fotografi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan pan atau panning ?
  3. Apa arti kata panning shot ? Apa itu teknik panning ?
  4. Jelaskan tujuan pengambilan gambar dengan teknik panning!
  5. Bagaimana cara setting panning kamera & teknik foto panning dengan kamera?

Pengertian Panning Dalam Fotografi


Apa sih pengertian teknik panning dalam fotografi?

definisi panning dalam fotografi – Jika kamu suka memotret objek bergerak seperti kereta api, bus, motor, atau sepeda maka kamu harus mencoba teknik yang keren satu ini. Teknik ini bernama panning.

Panning photography adalah teknik memotret dengan cara mengikuti objek yang bergerak secara horizontal searah dengan pergerakan objek. Jadi dengan cara mengikuti pergerakan objek yang bergerak tadi secara horizontal maka fotografer akan mendapatkan foto objek bergerak yang background di belakangnya blur sehingga memberikan kesan bahwa objek utama tersebut benar-benar bergerak.

Bagaimana cara teknik panning shot / teknik panning kamera? Apa pula panning tips photography?

Sebenarnya untuk memotret dengan teknik panning ini tidak terlalu susah namun butuh latihan yang sering jika kamu baru pertama kali mencobanya. Jika kamu baru pertama kali mencoba teknik ini maka carilah objek bergerak dengan pergerakan lambat sehingga masih mudah untuk diabadikan, contohnya seperti orang bersepeda atau orang berlari.

Kemudian jika sudah mahir kamu bisa mencoba objek lainnya yang gerakannya lebih cepat seperti jalannya kereta api atau balapan kuda. Kunci agar kamu mendapatkan foto yang pas dengan teknik panning ini sehingga objek yang ditangkap hasilnya akan fokus dan backgroundnya pun akan terlihat blur adalah pada pengaturan shutter speed.

Kamu harus tahu terlebih dahulu kaidah shutter speed dalam fotografi sehingga ketika kamu sudah menguasainya kamu akan terbantu ketika akan memotret menggunakan teknik panning. Kunci pengaturan shutter speed pada teknik ini adalah kamu harus mengatur shutter speed lebih rendah dibandingkan dengan pengaturan yang biasa kamu gunakan.

Dengan pengaturan shutter speed yang rendah maka background akan terlihat blur. Seberapa besar shutter speed yang harus dipakai tentu saja tergantung dengan kecepatan gerakan objek utama yang ingin kamu potret. Memotret jalannya kereta api tentu akan berbeda pengaturan shutter speednya ketika kamu memotret seorang kakek yang bersepeda. Disinilah keahlianmu harus banyak dilatih sehingga dengan berbagai macam objek yang bergerak kamu dapat menghasilkan foto panning yang sempurna.

Kaidah yang harus diperhatikan untuk kamu yang sedang belajar teknik panning ini adalah pada saat objek yang kamu bidik terlihat kurang tajam maka kamu bisa menaikkan angka shutter speednya, begitu juga sebaliknya ketika kamu mendapati bahwa background objek utama yang dibidik kurang blur maka kamu bisa menurunkan shutternya. Untuk memudahkan pergerakan kamera mengikuti objek dan menghindari goncangan maka gunakanlah tripod atau monopod sebagai alat pembantu.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian panning dalam fotografi. Semoga bermanfaat ya!