1. Pengertian human interest dalam fotografi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan human interest ?
  3. Apa arti human interest photography / arti human interest fotografi ?
  4. Apa definisi human interest photography ?
  5. Bagaimana teknik pengambilan gambar human interest / teknik foto human interest?

Pengertian Human Interest Dalam Fotografi


Pengertian Istilah Human Interest dalam Fotografi

Apa pengertian human interest fotografi / definisi human interest fotografi?

pengertian genre fotografi human interest – Fotografi human interest (HI) adalah jenis fotografi yang menonjolkan potret dari kehidupan seseorang yang menggambarkan suasana / mood dan menimbulkan emosi tertentu dari orang yang melihatnya. Fotografi jenis ini mengambarkan suasana baik itu suka maupun duka dan dapat mewakili kehidupan sebenarnya. Tentunya hasil foto human interset yang baik adalah benar benar mengambarkan realitas sebenarnya tanpa adanya suatu rekayasa atau settingan.

Pada awalnya, human interest photography lebih termasuk kedalam bagian dari foto jurnalisme, yaitu menggambarkan kehidupan dan interaksi manusia dengan lingkungannya, dan lalu bertujuan supaya mengetuk hati orang-orang untuk bersimpati dan melakukan sesuatu untuk membantu subjek foto. Human Interest cakupannya memang cukup luas namun sering dicampur-adukkan dengan kategori lain seperti Portrait photography, culture photography (budaya), street photography, travel photography, conceptual photography, dll.

Sebagian besar foto human interest adalah menggambarkan kehidupan masyarakat dengan ekonomi lemah atau di daerah pedalaman, karena pada konteks ini lebih mudah untuk mendapatkan suasana emosi dari penonton namun pada dasarnya human interest tidak membatasi pada subjek masyarakat yang kelas bawah saja, akan tetapi juga termasuk potret keberhasilan dari masyarakat kelas atas.

Bagaimana teknik memotret human interest / teknik pengambilan foto human interest?

Fotografi human interest memiliki objek utama berupa seseorang atau beberapa orang yang sedang melakukan aktivitas tertentu atau menggambarkan bentuk ekspresi yang kuat sehingga dapat menarik apabila difoto. Tidak ada teknik khusus dalam mengambil foto human interest karena setiap foto dikondisikan dan disesuaikan dengan suasana yang terjadi. Hal ini dikarenakan foto human interest bukan merupakan settingan namun berasal dari kegiatan nyata. Berikut Tips dan trik memotret Human Interest

TIPS

  1. Survey lokasi yang akan dijadikan target untuk pengambilan foto HI pastikan spot-spot mana yang akan digunakan dan ambil beberapa spot.
  2. Bawa perlengkapan seminim mungkin, referensi gunakan lensa 50mm atau zoom 2470 untuk kamera full frame maksimal 2 lensa. Jangan terlalu banyak membawa barang-barang kebutuhan foto karena lokasi yang digunakan adalah lokasi umum maka kita seringkali harus berpindah-pindah tempat untuk mendapatkan foto yang bagus.
  3. Perkirakan waktu yang tepat untuk memotet sehingga mendapatkan moment yang natural bukan dibuat buat. Foto human interest tidak menggunakan model khusus namun orang yang menjadi objek adalah masyarakat yang benar-benar melakukan suatu aktivitas tersebut.
  4. Kostum yang nyaman dan ringan, seringkali kita akan berhadapan dengan lokasi yang panas ataupun becek yang tidak membuat kita nyaman
  5. Checking perlengkapan kartu memory, lensa, camera dan jangan lupa Bawa flash, pastikan sudah terisi batrainya (sebaiknya bawa battery grip) juga rain cover buat tas jika cuaca berubah sewaktu waktu

TRIK

  1. Berkomunikasi dengan object yang akan difoto sehingga mereka tidak ragu untuk difoto. Hal ini juga untuk menghindari mereka yang tidak ingin dirinya difoto sehingga dapat menimbulkan masalah apabila kita melakukan pemotretan secara diam-diam.
  2. Tinggal beberapa lama akan membantu mengenali lingkungan. Selain itu juga berguna dalam penentuan alternatif lokasi pemotretan.
  3. Meningkalkan kesan yang baik buat yang difoto juga pastikan jika foto yang kamu ambil mendapatkan izin secara lisan ataupun tulisan

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian human interest dalam fotografi & teknik fotografi human interest. Semoga artikel pengertian human interest photography ini bisa bermanfaat ya!