1. Pengertian civil society dan ciri cirinya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan masyarakat madani (civil society) ?
  3. Apa arti kata civil society ? Apa itu civil society ?
  4. Apa pengertian civil society organization ?

Pengertian Civil Society Menurut Para Ahli


Definisi civil society menurut para ahli adalah :

Pengertian civil society adalah suatu bentuk hubungan antara negara dengan sejumlah kelompok sosial seperti kalangan bisnis, keluarga, asosiasi masyarakat, dan gerakan-gerakan sosial yang ada dalam suatu negara yang sifatnya independen terhadap negara. (Aim Abdulkarim : 2008)

Pengertian civil society adalah masyarakat yang berada di luar pemerintahan (swasta). (Prof. Dr. Drs. H. Abdul Manan, S.H., S.IP., M.Hum. : 2017)

Definisi civil society adalah suatu jaringan kelompok-kelompok masyarakat yang mandiri dan terbebas dari negara, namun mempunyai pengaruh pada politik. (Centre for Strategic and International Studies : 1999)

Pengertian civil society organization adalah organisasi yang didirikan oleh masyarakat yang mempunyai visi, misi dan tujuan tertentu serta berfungsi untuk melakukan tindakan advokasi, pendidikan, dan tindakan-tindakan langsung untuk menguatkan kapasitas masyarakat di dalam hubungannya sebagai warga negara. Civil Society Organization seringkali disebut dengan istilah Lembaga Swadaya Masyarakat. (M. B. Wijaksana : 2006)

Contoh civil society organization di indonesia adalah PBHI (Perhimpunan Bantuan Hukum dan Hak Asasi Indonesia), YLBHI (Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia), Elsam (Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat) dan Kontras (Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan) 


Pengertian Civil Society dan Ciri Cirinya

Civil society atau dalam Bahasa Indonesia adalah masyarakat madami memiliki arti kumpulan dari masyarakat yang beradab dalam membangun hidup, menjalani, dan memaknai suatu kehidupan. Menurut Anwar Ibrahim, seorang masyarakat madani merupakan yang bertumbuh berdasarkan prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dengan kestabilan yang ada di dalam masyarakat.

Dalam menjalani kehidupan politis yang seimbang dan demokratis, masyarakat madani sering dijadikan sebagai  tiang dalam aspek kehidupan politis. Mengapa demikian? Karena masyarakat madani tidak hanya melindungi hak dari setiap warga negara dalam negara yang bersangkutan, akan tetapi juga ikut menyuarakan dan menyampaikan aspirasi masyarakat.

Ciri Ciri Civil Society

Ciri-ciri masyarakat madani (civil society) antara lain:

  • Individu dan kelompok dalam masyarakat saling terintegrasi dalam masyarakat melalui kontrak dan aliansi social
  • Kekuasaan yang menyebar sehingga berkurangnya dominasi kekuasaan yang berlebihan dalam kehidupan bermasyarakat
  • Anggota yang berperan sebagai volunteer menjebatani kepentingan antara individu dan negara karena volunteer dapat memberikan masukan kepada pemerintah dalam mengambill keputusan
  • Tingkat kesetiaan dan kepercayaan masyarakat semakin luas sehingga ia tidak akan mementingkan dirinya sendiri
  • Masyarakat bebas dalam berbagai kegiatan pada lembaga-lembaga sosial

Apa saja unsur civil society / unsur penegak civil society ? Unsur-unsur pokok terbentuknya masyarakat madani adalah :

a. Adanya Wilayah Publik Yang Luas

Digunakan untuk menyuarakan atau mengemukakan pendapat di hadapan masyarakat. Dalam hal ini semua warga negara bebas untuk menyampaikan pendapatnya tanpa harus takut akan adanya ancaman yang datangnya dari masyarakat luas

b. Demokrasi

Adalah suatu prasyarat yang diperlukan untuk mendukung keberadaan masyarakat madani itu sendiri

c. Toleransi

Adalah sikap untuk saling menghormati dan menghargai perbedaan yang ada di dalam kehidupan bermasyarakat

d. Pluralisme

Adalah kemajemukan atau keanekaragaan dalam kehidupan masyarakat. Dalam hal ini, kita harus tulus hati untuk menerima segala perbedaan dan kenyataan yang ada di masyarakat

e. Keadilan Sosial

Adalah suatu sikap yang adil, setara atau sseimbang. Artinya tidak ada perbedaan dalam kehidupan masyarakat. Hak dan kewajiban harus berjalan beriringan dan seimbang dalam mengemban seluruh aspek dalam kehidupan baik itu yang menyangkut masalah ekonomi, sosial, politik, dan ilmu pengetahuan.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian civil society dan contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian civil society menurut para ahli secara umum ya ! Baca juga pengertian citra foto dan nonfoto 🙂