1. Pengertian volunteer dalam biologi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan volunteer sosiologi ?
  3. Apa arti kata volunteer ? Apa itu volunteer ?
  4. Apa pengertian volunteer dalam hukum ?
  5. Apa pengertian volunteer group?

Pengertian Volunteer Menurut Para Ahli


Arti volunteer adalah :

Definisi volunteer adalah seseorang yang terlibat atau sebagai pelaku gerakan sukarela di dalam berbagai bidang kehidupan yang memiliki perilaku prososial. (Jusman Iskandar : 1995)

Pengertian volunteer adalah tenaga sukarela atau orang yang terlibat sebagai pelaku gerakan sukarela dalam berbagai bidang kehidupan yang mempunyai perilaku prososial. (Atang Ruswita : 2003)

Pengertian volunteering adalah suatu aktivitas memberikan waktu secara cuma-cuma untuk memberikan bantuan
kepada kelompok, orang lain, atau suatu organisasi. (Wilson : 2000)

Pengertian volunteer sosiologi adalah sekelompok sosial masyarakat yang mempunyai kepentingan yang sama tetapi tidak mendapatkan perhatian masyarakat yang daya jangkaunya semakin luas. Kaum ini mencoba untuk memenuhi kepentingan anggotanya dengan kemampuan yang dimilikinya sehingga dampaknya tidak mengganggu kepentingan masyarakat secara luas. (Bagya Waluya : 2007)

Pengertian volunteer dalam biologi adalah gerakan otot yang bekerja dibawah kehendak yang mana sifat kerjanya bisa dikontrol. Contohnya gerakan otot pada rangka. 

Pengertian volunteer jurisdiction adalah peradilan yang bersifat sukarela contohnya seperti tuntutan hak yang tidak mengandung sengketa yang merupakan permohonan.

Pengertian volunteer group adalah kelompok sukarelawan yang tergabung dalam satuan unit yang terorganisir. 


Kata volunteer pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Dalam Bahasa Indonesia, pengertian volunteer itu berarti sukarelawan atau orang yang secara sukarela menawarkan dirinya sebagai partisipan dalam suatu kegiatan atau organisasi di luar pemerintahan.

Peran seorang volunteer dalam suatu kegiatan sangatlah penting. Selain membantu berlangsungnya kegiatan dari awal hingga akhir, mereka juga membantu dalam hal menyelesaikan masalah. Seperti masalah korban bencara alam, pelestarian lingkungan, menawarkan diri sebagai pengajar di sekolah terpencil, hingga masalah yang menyangkut kebijakan publik.

Namanya saja sudah volunteer, dalam bekerja mereka juga tidak mengharapkan adanya kompensasi atau imbalan. Karena disini mereka bekerja dengan setulus hati dengan dasar ingin membantu dan menambah pengalaman, bukan ingin mencari penghasilan tambahan.

Tidak dibayar, mengapa mau terlibat dalam suatu kegiatan? Jika Anda mengira bahwa menjadi volunteer itu akan membuang banyak waktu dan tenaga, jangan salah. Ada banyak manfaat yang akan Anda dapatkan jika Anda berniat untuk menjadi volunteer, diantaranya:

  • Akan mendapatkan pengalaman yang sangat berharga. Karena sewaktu menjadi volunteer Anda akan dihadapkan pada hal-hal baru yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya. Misalnya pelestarian penyu, Anda sama sekali belum pernah melakukannya. Namun sewaktu menjadi volunteer Anda akan terus belajar bagaimana caranya. Hal ini tentu saja akan menjadi pelajaran yang sangat berharga
  • Memberikan rasa puas tersendiri karena telah ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut, dan akan membuat Anda senang karena bisa membantu orang lain yang membutuhkan
  • Sebagai sarana untuk membangun network atau jaringan. Mengapa demikian? Karena sewaktu Anda diterima menjadi volunteer dalam sebuah organisasi, Anda akan bertemu dengan orang-orang baru dengan latar belakang dan pengetahuan yang berbeda. Manfaatkan kemampuan berkomunikasi Anda, agar Anda bisa mendapat jaringan yang luas saat menjadi volunteer
  • Mendapatkan sertifikat. Pemberian sertifikat dapat dijadikan bukti nyata bahwa Anda memang pernah berpartisipasi dalam suatu kegiatan

Sebelum menjadi seorang volunteer, pilihlah bidang yang benar-benar Anda minati agar sewaktu menjadi volunteer Anda totalitas pada kegiatan tersebut dan menjalankannya dengan senang dan tulus hati.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian volunteer dan contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian volunteer secara umum ya ! Baca juga pengertian junk food dan fast food 🙂