1. Pengertian jinayat dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan jinayat dalam islam ?
  3. Apa arti kata jinayat secara bahasa dan istilah ?
  4. Apa pengertian jinayat dan hikmahnya ?
  5. Apa itu hukum jinayat ?

Pengertian Jinayat Menurut Para Ahli


Arti jinayat adalah :

Menurut para pakar hukum Islam (fuqaha), pengertian jinayat adalah suatu istilah untuk suatu bentuk perbuatan yang dilarang oleh agama baik perbuatan tersebut mengenai harta, jiwa, atau yang lainnya. Dalam konteks ini, pengertian jinayat sama dengan jarimah. Pengertian jarimah adalah segala perbuatan yang dilarang oleh syara’ yang diancam Allah dengan hukuman had atau ta’zir. (Dr. Rahmat sholihin 2012)

Pengertian jinayat adalah adalah bentuk plural (jamak) dari jinayah. Jinayat menurut bahasa mempunyai arti penganiayaan, tindak kriminal atau kejahatan terhadap harta, badan, dan jiwa. Pengertian jinayat menurut istilah adalah suatu bentuk pelanggaran terhadap badan yang meliputi tindak pebunuhan, melukai anggota badan atau memotongnya yang didalamnya terdapat kewajibkan untuk dilakukan qishash atau diyat sebagai balasan atas perbuatannya tersebut. (pengertian jinayat secara bahasa dan istilah menurut Abd. Muqit : 2018)

Pengertian hukum jinayat adalah hukum yang mengatur tentang jarimah dan ‘uqubat. (Menurut Qanun 7 Tahun 2013 tentang Hukum Acara Jinayat)

Definisi jinayat adalah hukum bagi tindakan kejahatan melukai orang, pembunuhan, memotong anggota, dan menghilangkan suatu manfaat dari badan. Di dalam jinayat ini berlaku qishas yaitu hukum balas. (Sarinah : 2017) 


Pengertian Jinayat dan Contohnya

Apa pengertian dan dasar hukum jinayat / pengertian dan macam macam jinayat ?

Pengertian jinayat dalam Islam adalah perbuatan yang dilakukan oleh seseorang yang bermaksud untuk menodai atau mencabut kehormatan diri atau tubuh seseorang dengan cara sengaja. Pentaarifan ini dikhususkan pada kesalahan bersabit yang dilakukan oleh seseorang dengan cara membunuh atau menghilangkan anggota tubuh dari orang lain. Perbuatan ini tentu saja dilarang oleh semua agama, karena pada dasarnya tindakan yang dilakukan oleh pelaku dalam jinayat ini tidak baik adanya. Pelanggaran yang terjadi pada hidayat akan dikenakan tindak pidana sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.

Apa contoh jinayat dalam kehidupan sehari hari / contoh jinayat dan konsekuensinya ?

Ada berbagai macam kesalahan yang termasuk jinayat antara lain adalah kesalahan yang melibatkan akal budi atau pikiran, kesalahan harta benda, dan lain sebagainya yang pantas dikenakan hukuman hudud, qisas, diyat, atau ta`zir.

Apakah yang dimaksud dengan ta`zir? Ta`zir adalah suatu hukuman berupa ancaman kepada pelaku kejahatan yang jenis larangannya ditentukan atau tidak ditentukan oleh nas, baik perbuatan yang menyangkut hak Allah ataupun hak perorangan. Hukuman jenis ini diserahkan sepenuhnya kepada penguasa. Hukuman dalam jarimah ta`zir tidak ditentukan batasan dan ukuran dari hukumannya. Batasan tinggi atau rendahnya hukuman yang diberikan tergantung kepada penguasa (hakim). Jenis hukumannya ada dari tingkat terendah hingga tertinggi antara lain berupa hukuman denda, hukuman pengecualian, hukuman salib, hukuman kawalan, hukuman jilid, dan hukuman mati.

Apa hikmah jinayat / hikmah hukum jinayat?

Pembelajaran dalam hidayat itu sendiri memiliki manfaat dan faedah, antara lain:

  • Menjaga keselamatan diri atau nyawa diri kita sendiri dari perbuatan membunuh antara sesama manusia atau membunuh dirinya sendiri
  • Menjaga keselamatan harta benda kita dari tindak pencurian ragut, dan lain sebagainya
  • Menjaga keamanan dalam kehidupan bermasyarakat, agar tidak terjadi tindakan fitnah dan saling tuduh-menuduh
  • Berhubungan dengan keselamatan suatu negara dan orang-orang yang terdapat di dalamnya
  • Agar terhindar dari perkara-perkara pembunuhan yang terjadi diantara orang-orang beragama Islam dan orang-orang Kafir di dalam suatu negara

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian jinayat dan contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian jinayat secara bahasa dan istilah secara umum ya ! Baca juga pengertian vulgar dan contohnya 🙂