1. Pengertian ringkasan rangkuman dan ikhtisar itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan ringkasan rangkuman dan ikhtisar ?
  3. Apa arti ringkasan rangkuman dan ikhtisar ?
  4. Apa itu ringkasan rangkuman dan ikhtisar ?
  5. Apa perbedaan rangkuman ringkasan dan ikhtisar ?

Pengertian Ringkasan Rangkuman dan Ikhtisar Menurut Para Ahli


Definisi ringkasan rangkuman dan ikhtisar adalah :

Pengertian ringkasan adalah bentuk karangan baru atau tulisan yang lebih singkat dari karangan aslinya dengan mempertahankan isi dan diungkapkan secara lengkap. (Erwan Juhara dkk : 2005)

Pengertian ringkasan adalah penyajian suatu karangan yang panjang dalam bentuk yang singkat. Tujuan membuat ringkasan adalah untuk mengetahui isi dari sebuah buku atau karangan. (Ismail Kusmayadi : 2007)

Pengertian rangkuman adalah garis besar suatu bacaan yang bersifat umum yang ada di dalam suatu bacaan.

Pengertian ikhtisar adalah penyajian singkat suatu tulisan atau karangan asli dengan tidak memperhatikan sudut pandang pengarang aslinya, tidak lagi mempertahankan urutan karangan aslinya, serta tidak memperhatikan perbandingan antarbagian secara proporsional. (Asep Juanda, M.Pd : 2017) 


Perbedaan Ringkasan Rangkuman dan Ikhtisar

Apa pengertian ringkasan ikhtisar dan rangkuman ? Jelaskan perbedaan antara rangkuman ringkasan dan ikhtisar!

Persamaan rangkuman ringkasan dan ikhtisar adalah sama-sama merupakan tulisan pendek yang padat yang merupakan intisari dari suatu tulisan yang panjang. Namun ketiganya memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Pengertian Ringkasan adalah penyajian karangan pada suatu peristiwa atau naskah yang panjang dalam sebuah bentuk yang singkat dan efektif. Ringkasan bisa diambil dari sebuah buku, bab, karangan, artikel, berita, dan lain sebagainya. Tujuan dibuat ringkasan adalah untuk menyampaikan inti atau rentetan dari suatu peristiwa secara singkat sehingga akan memudahkan pembaca untuk memahami apa isi dari peristiwa yang sebenarnya terjadi.

Ciri-ciri dari ringkasan, antara lain:

  • Kerangka dasar dari karangan masih terlihat jelas tanpa menghilangkan urutan dasar dari karangan itu sendiri
  • Bertujuan untuk memotong peristiwamenjadi lebih singkat

Cara membuat ringkasan yang baik dan benar, antara lain:

  • Membaca naskah atau karangan asli secara keseluruhan
  • Membuat poin-poin terkait masalah apa yang dibahas dalam karangan tersebut dan sudut pandang pengarang yang digunakan
  • Menyusun kembali poin-poin yang telah dicatat sebelumnya agar menjadi rentetan yang utuh dan bagus
  • Mengembangkan poin-poin yang telah dicatat sebelumnya ke dalam kalimat yang singkat, padat, dan jelas
  • Melakukan koreksi terhadap kalimat yang telah dibuat dan melakukan evaluasi kalimat agar menjadi simpulan yang lebih singkat lagi berdasarkan gagasan utama yang sesuai

Pengertian Rangkuman adalah penyajian bagian-bagian penting dari sebuah karangan asli dengan menampilkan simpulan singkat dari sebuah karangan atau pembahasan dari suatu peristiwa. Tujuannya sama dengan membuat ringkasan yaitu agar mudah dipahami. Rangkuman yang baik haruslah dituliskan langsung pada inti permasalahn dan penyampaiannya tidak bertele-tele

Pengertian Ikhtisar adalah memiliki pengertian yang hampir sama dengan ringkasan. Perbedaannya terletak pada pokok-pokok penulisan yang tidak harus berurutan pada ikhtisar, dan pengambilan pokok-pokok penulisan boleh dilakukan secara acak namun masih sesuai dengan konteks suatu karangan asli. Tuuan pembuatan ikhtisar adalah untuk menampilkan poin-poin apa saj yang menjadi inti permasalahan suatu karangan.

Ciri-ciri ikhtisar antara lain:

  • Tidak mempertahankan urutan gagasan karena penulisannya boleh dilakukan secara acak
  • Tujuannya adalah untuk menemukan inti dari permasalahan
  • Kata-kata yang akan digunakan boleh dikombinasikan atau dibuat secara bebas namun isinya tidak boleh menyimpang dari inti permasalahan

Apa perbedaan ringkasan dan ikhtisar ? Perbedaan ringkasan dan ikhtisar adalah :

  • Ringkasan masih memerhatikan keseimbangan atau proporsi dari karangan asli, sedangkan dalam ikhtisar hal tersebut tidak terlalu diperhatikan, yang penting dalam ikhtisar adalah tidak mengganggu keseluruhan gagasan yang ada dalam karangan.
  • Ringkasan masih memperhatikan sistematika atau susunan karangan asli, sedangkan ikhtisar tidak.
  • Hal yang diperhatikan dalam ikhtisar adalah seluruh gagasan yang ada di dalam karangan asli haruslah dapat terwakili secara utuh.

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian ringkasan rangkuman dan ikhtisar. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian ringkasan ikhtisar dan rangkuman secara umum ya ! Baca juga pengertian berita acara pemeriksaan 🙂