1. Pengertian cinta tanah air dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud cinta tanah air dan contohnya ?
  3. Apa arti kata cinta tanah air ?
  4. Apa itu cinta tanah air ?
  5. Jelaskan yang dimaksud dengan cinta tanah air dan berikan contohnya!

Pengertian Cinta Tanah Air Menurut Para Ahli


Arti cinta tanah air adalah :

Pengertian cinta tanah air adalah cara bersikap, berpikir dan berbuat yang menunjukkan kepedulian, kesetiaan, dan penghargaan tinggi terhadap bahasa, budaya, lingkungan fisik, sosial, ekonomi dan politik bangsa. Cinta tanah air adalah suatu sikap positif yang memberikan kontribusi positif dalam membangun bangsa dan negara. (Dr. Muhammad Yaumi., M.A : 2016) 


Kata “cinta” berarti mengandung arti penuh kasih sayang terhadap sesuatu. Berawal dari kasih sayang maka akan muncul niat untuk merawat, menjaga, dan tidak akan pernah membiarkannya menjadi rusak. Jika dikaitkan dengan kata “cinta tanah air” berarti adanya sikap rela berkorban dan mau membela tanah air jika terjadi segala sesuatu yang sifatnya berupa ancaman dari luar baik ancaman dari negara atau bangsa lain terhadap tanah air.  Seseorang yang cinta terhadap tanah airnya berarti akan berusaha untuk membuat negaranya aman, sejahtera, dan sentosa.

Sikap cinta tanah air dapat diwujudkan melalui perbuatan atau tindakan nyata dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai orang yang cinta tanah air, kita sebagai warga negara Indonesia wajib melakukan hal-hal seperti:

  • Harus bangga menjadi warga negara Indonesia dan bertanah air Indonesia
  • Menghindari segala bentuk tindakan yang akan merusak nama tanah air Indonesia, akan tetapi sebisa mungkin untuk melakukan segala hal yang sifatnya mengharumkan nama Indonesia
  • Hormat dan mematuhi segala bentuk peraturan perundang-undanggan yang berlaku di Indonesia

Contoh nyata wujud cinta tanah air adalah apa yang dilakukan oleh para pahlawan kita sewaktu memerdekakan Indonesia. Mereka rela melakukan apa saja, bahkan mengorbankan nyawanya pun ia mau asalkan negara Indonesia tidak dijajah dan diinjak-injak lagi oleh bangsa asing. Alhasil segala jerih payah yag dilakukan berbuah manis yaitu Kemerdekaan Indonesia yang bisa kita rasakan hingga sekarang. Walaupun tidak sepenuhnya merdeka karena masih banyak rakyat yang hidup miskin, namun pemerintah masih berusaha untuk mengupayakan agar semua rakyat Indonesia makmur nantinya.

Sebagai bangsa yang berdaulat dan diakui oleh negara lain di seluruh dunia, kita harus bangga menjadi orang Indonesia dimanapun kita berada. Apalagi penduduk yang ada di Indonesia memiliki latar belakang budaya yang berbeda-beda, dari situ kita harus mampu untuk menjadi satu kekuatan besar untuk mewujudkan sikap cinta tanah air. Penduduk Indonesia yang besar dan beranekaragam harus mampu menjadi penggerak roda pembangunan dan dalam kehidupan senantiasa bertindak dan berperilaku sesuai dengan isi dari nilai-nilai yang ada dalam Pancasila.

Apa contoh sikap cinta tanah air di lingkungan masyarakat? Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan sikap cinta tanah air, diantaranya:

  • Menghormati segala bentuk perjuangan yang dilakukan oleh para penjajah di masa lalu
  • Mengikuti upacara bendera dengan sungguh-sungguh
  • Menggunakan produk dalam negeri
  • Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari
  • Membantu untuk mewujudkan ketertiban dan keamanan dalam lingkungan masyarakat, dan menghindari segala bentuk perpecahan

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian cinta tanah air dan bangsa. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian cinta tanah air dan contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian roman dan contohnya 🙂