1. Pengertian cita-cita dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan cita-cita ?
  3. Apa arti kata cita-cita ? Apa itu cita-cita ?

Pengertian Cita Cita Menurut Para Ahli


Arti cita cita adalah :

Pengertian cita cita adalah proyeksi dari keinginan kita. (Tanpoaran – 1992)

Definisi cita cita adalah arah, tujuan, azimut, sesuatu yang di depan. (Dedik Priyanto : 2013)

Pengertian cita cita adalah suatu keinginan yang diupayakan secara bersungguh-sungguh atau impian yang ingin diwujudkan melalui semangat jihad . (Toto Tasmara : 1994)

Pengertian cita cita bangsa adalah cita-cita yang didukung oleh seluruh rakyat, dilaksanakan oleh rakyat, dan ditujukan kepada rakyaat untuk mencapai masyarakat Indonesia yang adil, makmur, merata baik secara lahir maupun batin yang berdasarkan pada UUD 1945 dan Pancasila. (Herning Budhi Widyastuti & Chris Subagya : 2008)

Pengertian cita cita nasional adalah suatu gambaran masa depan yang sangat luhur yang ingin diraih oleh bangsa yang bersangkutan. (Saafroedin Bahar : 1989) 


Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) cita-cita berarti (1) keinginan (kehendak) yang selalu ada di dalam pikiran, (2) tujuan yang sempurna (yang akan dicapai atau dilaksanakan). Jadi apakah itu arti cita-cita? Secara umum pengertian cita-cita adalah keinginan, harapan, dan tujuan yang ada di dalam pikiran seseorang di masa yang akan datang.

Setiap manusia yang ada di dunia ini pasti memiliki cita-cita atau keinginan yang ingin dicapainya dalam hidup. Walaupun terkadang cita-cita yang dimiliki seseorang terlalu tinggi, dia akan berusaha secara keras untuk bisa mencapainya. Tidak peduli orang mau berkata apa, yang terpenting baginya adalah ia harus berusaha untuk mewujudkannya dan membuktikan kepada semua orang bahwa dia mampu untuk menggapai apa yang dicita-citakannya.

Seseorang yang memiliki cita-cita akan memiliki arah dan tujuan hidup yang jelas. Ia mengetahui akan dibawa kemana nanti hidupnya. Sehingga ia memiliki rancangan yang jelas tentang apa yang harus diperbuatnya agar apa yang dicita-citakannya tercapai.

Contoh: Ani adalah seorang siswa SMA yang bercita-cita ingin menjadi seorang psikolog. Maka dari itu, sebelum lulus dari bangku SMA, ia sudah merencanakan akan melanjutkan pendidikan dimana agar ia bisa menjadi seorang psikolog yang handal. Ia juga akan mencatat hal apa saja yang harus dimiliki oleh seorang psikolog. Ia juga akan belajar bagaimana caranya untuk bersabar dalam menghadapi orang-orang yang sifatnya berbeda-beda, bersabar mendengar keluh kesah setiap orang. Intinya ia akan belajar bagaimana menjadi seorang pendengar yang baik dan sebisa mungkin memberi solusi terbaik atas keluh kesah yang disampaikan.

Apa saja faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan cita-cita?

  • Manusia itu sendiri. Bagaimana cara dan usaha dia untuk dapat mewujudkan segala impian yang telah ia bangun
  • Faktor lingkungan pergaulan dan dukungan dari orang-orang yang ada di sekitarnya
  • Seberapa tinggi cita-cita yang diimpikan dan seberapa besar usaha yang telah dilakukan

Namun dalam menggapai cita-cita pasti selalu ada saja hambatan, entah itu cemoohan dari masyarakat yang menganggap bahwa kita tidak mampu atau yang lainnya. Kondisi seperti ini memang sering kali membuat kita down dan menjadi putus asa. Terlebih lagi apabila kita menghadapi kegagalan. Sakitnya itu disini!! Tapi apapun itu, segala jenis hambatan harus dihadapi. Yang penting nikmati dan hadapi semuanya dengan senyuman. Semangat! 


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian cita-cita dan contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian cita cita dan contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian dinamika kelompok sosial & pengertian cinta sejati 🙂