1. Pengertian cinta sejati itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan cinta sejati ?
  3. Apa arti kata cinta sejati ? Apa itu cinta sejati ?
  4. Apa pengertian cinta sejati menurut islam ?

Pengertian Cinta Sejati Menurut Para Ahli


Arti cinta sejati adalah :

Definisi cinta sejati adalah cinta yang diberikan secara tulus, bukan karena seperti apa orang yang dicintai. Cinta sejati adalah cinta yang bukan berdasar atas orang yang kamu cintai, tapi cinta atas dasar keinginanmu untuk mencintainya. (Hoeda Manis : 2011)

Pengertian cinta sejati adalah suatu kondisi dimana kebahagiaan orang lain lebih penting artinya daripada kebahagiaanmu. (Harri Gieb : 2008)

Pengertian cinta sejati menurut Islam adalah cintanya orang-orang yang cerdas, yang mana dengannya mereka akan terangkat, hingga tipu daya dunia tak lagi bisa menyentuh mereka. Cinta sejati adalah cinta yang tinggi dengan kebersihan dan kesucian dihadapan segala kesusahan dan musibah. (Karim el-Shazley, , ‎Muhammad Sa’id cs & Ahmad Abd ar-Rahman : 2010) 


Cinta sejati adalah istilah yang sering digunakan oleh orang sewaktu ia jatuh hati kepada seseorang. Cinta sejati adalah dua kata yang sangat fenomenal dalam kehidupan yang tidak hanya menyangkut soal rasa melainkan segala aspek dalam kehidupan. Banyak orang yang mengagung-agungkan dua kata ini “cinta sejati namun banyak juga orang yang tidak percaya dengan cinta sejati. Mengapa? Karena mungkin ia belum menemukan cinta sejatinya atau karena ada alasan lain yang mendasarinya. Who knows?

Apa sih arti cinta sejati? Setiap orang memiliki persepsi yang berbeda-beda tentang definisi dua kata ini. Namun pada umumnya pengertian cinta sejati adalah cinta tanpa syarat yang dilakukan seseorang terhadap pasangannya, baik dalam keadaan suka maupun duka, ia akan senantiasa menemani pasangannya hingga akhir hayat hidupnya. Berusaha untuk memahami pasangan, mengerti, menerima segala kekurangan, dan senantiasa melengkapi antara satu dengan yang lainnya adalah kunci agar cinta tetap awet hingga tua nanti.

Menemukan cinta sejati itu sangatlah susah. Apalagi zaman sekarang yang menyebutkan bahwa segala bentuk cinta haruslah bersyarat misalnya pasangannya harus kaya, tampan, atau yang lainnya. Namun hal itu tidak selalu terjadi ya, faktanya masih ada kok orang yang dengan tulus dan ikhlas hati untuk mengasihi orang yang dicintainya. Contoh kasus cinta sejati adalah pasangan yang rela untuk menjual segala harta miliknya untuk bisa jalan-jalan keliling dunia menikmati indahnya hidup dan mengubah persepsi akan makna cinta sejati itu sendiri.

Bagaimana kita dapat mengetahui bahwa pasangan kita sekarang adalah cinta sejati kita? Ini dia ciri-cirinya:

  • Cinta sejati itu dilakukan tanpa syarat. Seorang pasangan yang benar-benar mencintai kita akan rela melakukan apa saja yang dia bisa untuk senantiasa membahagiakan pasangannya
  • Cinta sejati akan selalu menjaga perasaan pasangannya tanpa pernah untuk menyakiti apalagi mempermalukan pasangannya sendiri di hadapan orang banyak
  • Cinta sejati akan selalu berusaha untuk melangkah bersama-sama, dan tidak berjalan sendiri-sendiri
  • Cinta sejati senantiasa memaafkan satu sama lain tanpa mengungkit segala kejadian yang sudah berlalu
  • Cinta sejati mencintai pasangannya dengan tulus tanpa memandang status social pasangannya
  • Fisik yang buruk bukanlah menjadi alasan seseorang untuk pergi menjauh dari pasangannya. Melainkan dia akan senantiasa untuk menerima segala kekurangan pasangannya dan berusaha untuk melengkapi satu dengan yang lainnya

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian cinta sejati. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian cinta sejati secara umum ya ! Baca juga pengertian cinta tanah air 🙂