1. Pengertian falsafah dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan falsafah ?
  3. Apa arti kata falsafah ? Apa itu falsafah ?
  4. Apa pengertian falsafah keperawatan ?

Pengertian Falsafah Menurut Para Ahli


Arti falsafah adalah :

Pengertian falsafah adalah suatu keyakinan terhadap nilai-nilai yang menjadi pedoman dalam mencapai suatu tujuan dan dipakai sebagai pandangan hidup. (Asmadi : 2005)

Definisi falsafah adalah landasan pemikiran yang bersumber kepada kebijaksanaan moral tentang segala sesuatu hal yang akan dan harus diterapkan di dalam praktik. (Dahama dan Bhatnagar : 1980)

Pengertian falsafah keperawatan adalah suatu keyakinan perawat terhadap nilai-nilai keperawatan yang menjadi pedoman dalam memberikan asuhan keperawatan, baik itu kepada individu, kelompok, keluarga, ataupun masyarakat. (Asmadi : 2005)

Pengertian falsafah hidup adalah petunjuk dari apa yang mesti dilakukan dan apa yang harus dihindari. (Sukma N. A. : 2005)

Pengertian falsafah hidup bangsa adalah suatu pemikiran yang mendalam terhadap suatu bangsa tentang hidup serta tujuan hidupnya, tanpa melalui penyelidikan ilmiah, tetapi hanya karena kecocokan rasa. (Badan Pembinaan Pendidikan Pelaksanan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila : 1991)

Pengertian falsafah hidup bangsa adalah suatu cermin peradaban, keluhuran budi, kebudayaan, serta kepribadian yang berurat berakar dalam sejarah perkembangan dan pertumbuhan bangsa itu sendiri. (Departemen Pendidikan dan Kebudayaan : 1983)

Pengertian falsafah negara adalah pandangan hidup semua rakryat Indonesia. (Said Saggaf dkk : 2018)

Pengertian falsafah negara pancasila adalah sistem nilai yang mencakup segenap nilai hidup dan kehidupan Bangsa serta Negara. (Bakri Syahid : 1976)

Pengertian falsafah manajemen pemasaran adalah suatu keyakinan bahwa pencapaian target organisasi bisa dicapai apabila penentuan kebutuhan dan keinginan pasar serta tingkat kepuasan konsumen dilakukan lebih efisien dan efektif daripada yang dilakukan oleh pesaing. (Ir. Agustina Shinta, M.P. : 2011) 


Dalam menjalani kehidupannya setiap orang secara sadar ataupun tidak berlandaskan pada nilai-nilai yang dianutnya atau pandangan hidupnya. Bagaimana ia berbicara, berbuat, bereaksi terhadap suatu peristiwa, memandang orang lain, memandang suatu kejadian, dan lain sebagainya dilandasi oleh anggapan atau sikap batin yang paling dasar yang tertanam dalam diri orang tersebut yang disebut dengan falsafah.

Contohnya seseorang yang menganut falsafah bahwa semua manusia memiliki hak yang sama, orang ini dalam setiap perbuatannya selalu mengedepankan persamaan hak. Ketika ada seseorang yang hak-haknya tertindas ia akan serta-merta bersuara atau berbuat.

Falsafah yang dianut seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor seperti bagaimana didikan dari ibunya, lingkungan keluarganya, pergaulannya dengan tetangga dan teman-teman, didikan dari sekolah, adat budaya, buku-buku yang ia baca, ideologi negara tempat ia tinggal, dan lain sebagainya. Semua faktor tersebut turut memberi sumbangsih pada falsafah yang dianut atau tertanam dalam diri seseorang. Mana pengaruh yang lebih dominan maka itulah yang akan mendominasi falsafah yang dianut orang tersebut.

Sebagai gagasan atau sikap batin yang paling dasar maka istilah falsafah digunakan dalam bebagai bidang kehidupan, ada falsafah budaya, falsafah politik, falsafah ekonomi, falsafah pendidikan, dan lain sebagainya. Sebagai manusia Indonesia maka seyogyanya falsafah budaya yang kita pakai adalah falsafah budaya Indonesia yaitu pancasila. Meskipun Indonesia terdiri dari berbagai macam suku bangsa dari ujung barat hingga timur yang masing-masing memiliki falsafah budaya sendiri namun pancasila merupakan falsafah budaya nasional yang mempersatukan seluruh suku bangsa yang ada di Indonesia. Artinya kita boleh hidup sesuai dengan falsafah budaya masing-masing dengan tetap berlandaskan pada pancasila sebagai falsafah budaya nasional.

Lima sila dalam pancasila beserta empat puluh lima butir-butir di dalamnya sudah menjelaskan gagasan atau sikap batin yang dapat kita terapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Mulai dari kepercayaan kepada Tuhan yang maha esa, hubungan sesama manusia secara adil dan beradab, persatuan seluruh rakyat Indonesia, selalu menumbuhkan semangat musyawarah untuk mufakat, serta keadilan sosial yang dapat dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian falsafah dan contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan macam macam falsafah secara umum ya ! Baca juga pengertian filtrasi 🙂