1. Pengertian liberal dan komunis itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan liberal dan komunis ?
  3. Apa arti kata liberal dan komunis ?
  4. Apa itu liberal dan komunis ?
  5. Apa perbedaan liberal dan komunis ?

Pengertian Liberal dan Komunis Menurut Para Ahli


Arti liberal dan komunis adalah :

Pengertian liberal adalah sebuah sikap politik, sosial dan ekonomi yang menekankan pada pentingnya kebebasan individu. Seorang yang liberal adalah seorang yang mendukung gagasan perlindungan dan kemajuan terhadap kebebasan sipil. (Luthfi Assyaukanie : 2014)

Pengertian komunis adalah orang atau golongan yang menganut atau mengamalkan paham komunisme yaitu paham politik yang ingin menjadikan segala sesuatu adalah milik rakyat dan dikuasai oleh negara untuk kemakmuran rakyat secara merata.


Setiap negara di dunia menganut ideologi-ideologi tertentu yang menjadi landasan dalam menjalankan pemerintahan negaranya. Ada beberapa jenis paham atau ideologi yang dikenal antara lain liberalisme, komunisme, sosialisme, kapitalisme, dan lain-lain.

Setiap ideologi memiliki karakteristik masing-masing beserta kelebihan dan kekurangannya. Dalam prakteknya ada pula yang menggabungkan beberapa jenis paham sehingga menjadi semacam paham campuran seperti sosialis-komunis yang menggabungkan karakteristik-karakteristik dari paham sosialis dan komunis secara bersamaan.

Salah satu negara yang sangat terkenal liberal adalah Amerika Serikat. Bahkan di negara ini berdiri patung liberty sebagai simbol kebebasan dan kemerdekaan. Liberal dalam bahasa indonesia artinya bersifat atau berpandangan bebas dan terbuka.

Sementara liberalisme merupakan ideologi atau paham mengenai kebebasan dan persamaan hak, bahwa setiap individu memiliki hak-hak yang harus diakui dan dilindungi. Tidak ada satupun pihak baik negara atau kelompok/orang lain yang boleh mengekang hak-hak individu seseorang.

Diantara nilai-nilai pokok dalam liberalisme adalah kesempatan yang sama dalam berbagai bidang kehidupan, penyelesaian masalah dalam berbagai bidang kehidupan yang berhubungan dengan kepentingan bersama harus diselesaikan bersama-sama melalui diskusi hingga didapatkan persetujuan bersama atau mayoritas, dalam melaksanakan pemerintahannya pemerintah harus mendapat persetujuan dari rakyat, pemberlakuan hukum dan persamaan setiap orang di muka hukum, serta pemusatan atau penekanan pada kepentingan individu.

Jika liberalisme sangat mengagungkan kebebasan hak individu maka sebaliknya komunisme sangat membatasi hak-hak individu dimana kepentingan kolektif (partai, negara, atau bangsa) berada di atas segalanya. Komunis merupakan sebutan kepada penganut paham komunisme.

Dalam ideologi ini setiap individu harus patuh pada pihak yang berkuasa dan perbedaan pendapat merupakan sesuatu yang terlarang sehingga dalam negara komunis hanya ada satu partai yaitu partai komunis sebagai penguasa. Ideologi ini menekankan pentingnya kepemilikan bersama alat produksi seperti tenaga kerja, modal, dan tanah sehingga tercapai kemakmuran bersama dan tercipta struktur masyarakat yang sama rata tanpa ada perbedaan kelas. Penganut paham ini juga tidak mempercayai adanya Tuhan (atheis). Diantara negara-negara yang menganut ideologi ini adalah Korea Utara, Rusia, RRC, dan lain sebagainya.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian liberal dan komunis. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian serta perbedaan liberal dan komunis secara umum ya ! Baca juga pengertian konstitusional dan inkonstitusional 🙂