1. Pengertian feedback dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan feedback ?
  3. Apa arti kata feedback ? Apa itu feedback ?
  4. Apa pengertian feedback positif dan negatif ?
  5. Apa fungsi feedback ?

Pengertian Feedback Menurut Para Ahli


Arti feedback adalah :

Pengertian feedback adalah suatu reaksi yang diberikan oleh komunikan dimana reaksi tersebut bisa menjadi reaksi positif ataupun negatif. (pengertian feedback dalam komunikasi menurut Sunarjo : 1983)

Definisi feedback adalah suatu bentuk respon langsung yang dikomunikasikan audiens kepada si pengirim pesan atau sender. (Kusnaedi : 2009)

Pengertian feedback dalam manajemen adalah tingkatan di mana suatu pekerjaan memberikan informasi secara langsung dan tepat waktu kepada para pekerjanya mengenai kualitas kinerjanya. (pengertian umpan balik dalam manajemen menurut Thomas W. Zimmerer & Norman M. Scarborough : 2009)

Pengertian feedback dalam pembelajaran adalah suatu bentuk masukan penting bagi guru dan siswa. Dengan adanya feedback, siswa bisa mengetahui sejauh mana kemampuannya dalam suatu hal serta memahami dimana letak kekuatan serta kelemahannya. Feedback juga berguna bagi guru untuk menentukan tindakan apa yang selanjutnya diperlukan di dalam pembelajaran. (Rofa’ah : 2016)

Pengertian feedback control adalah suatu bentuk pengawasan yang difokuskan pada outputs atau setelah kegiatan berakhir.

Pengertian feedback inhibition adalah suatu bentuk mekanisme penghambatan aktivitas enzim pertama di dalam jalur biosintesis oleh produk akhir di jalur tersebut.

Pengertian feedback dalam elektronika adalah suatu proses di mana sebagian dari hasil output (keluaran) diputarbalikkan lagi ke dalam bagian masukan (input).

Pengertian feedback form adalah suatu fitur yang dipakai untuk mendapatkan feedback berupa input atau pertanyaan dari user lewat email, biasa juga disebut dengan contact us form. 


Feedback adalah istilah yang sering kita apatkan dalam proses komunikasi. Feedback terdiri dari dua kata Bahasa Inggris yaitu “feed” dan “back”. Feedback memiliki arti masukan atau tanggapan yang kita berikan atas suatu hal saat berkomunikasi atau saat menilai tentang pelayanan yang telah diberikan. Istilah feedback hampir sama dengan “kesan”. Jadi semisal kita bertemu dengan seseorang, berkomunikasi, maka orang tersebut pasti akan bertanya apa feedback kamu terhadap saya.

Feedback yang baik bisa kita dapatkan saat lawan bicara kita mengerti apa topik yang sedang kita bicarakan dan dia merasa mendapatkan sesuatu saat sedang berkomunikasi dengan kita. Umpan balik atau feedback bisa dijadikan sebagai ukuran seberapa berhasilkah kita dalam berkomunikasi dengan orang lain.

Pemberian feedback secara langsung itu perlu dilakukan sebagai ukuran atau standart untuk mengetahui berhasil atau tidaknya kita sebagai seorang komunikator. Respon yang diberikan oleh seorang kumunikan bisa berbentuk positif ataupun negatif.

Contohnya: sewaktu presentasi di depan kelas, ada yang memperhatikan dengan seksama dan ada juga yang asyik dengan urusannya sendiri atau malah asyik ngobrol dengan yang lain. Dari tanggapan atau respon yang diberikan oleh seorang pendengar, kita selaku komunikator sudah bisa langsung menilai bahwa itulah feedback yang mereka berikan kepada kita.

Dari penjelasan dan contoh di atas, dapat kita ketahui bahwa fungsi feedback adalah sebagai mekanisme kendali apakah proses komunikasi oleh seorang komunikator telah efektif dan mencapai tujuannya atau tidak.

Bentuk feedback itu ada dua, yaitu feedback positif dan negatif.  Apa pengertian feedback positif dan negatif / perbedaan feedback positif dan negatif?

  1. Feedback positif

Pengertian feedback positif adalah feedback yang diberikan oleh seorang komunikan sebagai pertanda bahwa ia mengerti dan memahami apa maksud dari yang telah dibicarakan dan siap untuk membantu seorang komunikator untuk mencapai tujuannya.

Contohnya: seorang yang memperhatikan dan mendengarkan kita secara serius saat sedang presentasi di depan kelas

  1. Feedback negatif

Pengertian feedback negatif adalah tanggapan atau sikap yang diberikan seorang komunikan sewaktu ia tidak setuju terhadap isi pesan yang sedang kita sampaikan, menyebabkan dia bersikap acuh tak acuh dan langsung mengomentari sang komunikator. Untuk mudahnya sikap seorang komunikan feedback negatif adalah kebalikan dari sikap feedback positif.

Contohnya: saat Budi sedang menyampaikan ulang isi rapat, Ani malah asyik sendiri dengan handphone-nya dan tidak mau mendengarkan Budi. 


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian feedback dan contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan macam macam feedback dan pengertiannya secara umum ya ! Baca juga pengertian feodalisme dan contohnya 🙂