1. Pengertian dunia maya menurut para ahli itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan dunia maya ?
  3. Apa arti dunia maya dalam bahasa Indonesia ?
  4. Apa itu dunia maya ?

Pengertian Dunia Maya Menurut Para Ahli


Arti dunia maya adalah :

Pengertian dunia maya adalah alih bahasa dari cyberspace yang merupakan istilah yang merujuk kepada konsep kehidupan sosial yang tercipta dari komunikasi dan interaksi manusia melalui jaringan internet. (Bayu Indra Pratama : 2017)

Definisi dunia maya adalah tempat kita semua terhubung dan tak seorangpun yang berkuasa. (Thomas L. Friedman : 2018)

Pengertian dunia maya adalah dunia yang penuh dengan rimba raya informasi. Arus informasi ini akan menjadi lebih cepat, lebih beragam, lebih aktual, dan sudah memiliki proksimitas global. (M. Dawam Rahardjo, ‎Achmad Tirtosudiro : 1997) 


Tidak salah jika dikatakan internet telah merubah dunia yang dulunya luas menjadi sempit. Bagaimana tidak, jika dulu kita membutuhkan waktu beberapa hari bahkan beberapa minggu menunggu surat dari sahabat pena yang ada di luar negeri, kini kita dapat bercakap-cakap secara langsung dengan sahabat kita bahkan sambil saling menatap wajah masing-masing. Jika dulu kita harus pergi ke pasar atau toko untuk membeli sesuatu, kini tinggal duduk manis di rumah, mengakses toko online, pilih barang, pesan, dan barang yang diinginkan pun sampai ke pintu rumah.

Perkembangan internet yang kian pesat memunculkan istilah baru yaitu dunia maya yang dalam bahasa inggris disebut cyberspace, yaitu dunia yang terbentuk dari berbagai jaringan komputer dan perangkat telekomunikasi di seluruh dunia yang saling terhubung secara interaktif.

Koneksi jaringan komputer yang super besar ini menciptakan dunia sendiri dimana orang-orang melakukan berbagai komunikasi dan kegiatan di dalamnya. Bentuk-bentuk interaksi apa saja yang biasa terjadi di dunia maya? Mulai dari perdagangan, proses pembelajaran, melakukan pekerjaan, hiburan, permainan, dan lain sebagainya semua ada disini.

Pesatnya perkembangan dan penggunaan alat komunikasi tanpa kabel seperti handphone, komputer tablet, laptop, dan lain sebagainya juga menyebabkan akses ke dunia maya semakin mudah dan dapat dilakukan dari mana saja, tidak melulu harus di depan komputer. Ditambah lagi dengan bertebarannya hotspot di berbagai fasilitas umum secara gratis dan semakin terjangkaunya biaya internet menyebabkan semakin banyak jumlah penduduk dunia maya. Mulai dari anak-anak hingga orang tua, mulai dari pekerja kantoran hingga para petani yang bekerja di sawah, semuanya kini sudah terhubung ke dunia maya.

Layaknya semua hal di dunia, perkembangan dunia maya memiliki dua sisi yaitu positif dan negatif. Ada begitu banyak sisi positifnya mulai dari komunikasi yang semakin mudah dan murah, akses berita yang semakin mudah dan cepat, perkembangan perdagangan online, akses ke berbagai informasi dan pengetahuan, dan masih banyak lagi. Sayangnya masih banyak juga orang-orang yang memanfaatkan dunia maya untuk hal-hal negatif seperti menyebarkan berita-berita yang belum jelas kebenarannya, prostitusi online, menyebarkan konten-konten negatif, menipu orang, mencuri data, dan lain sebagainya.


Itulah penjelasan singkat tentang definisi dunia maya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian dunia maya cyber secara umum ya ! Baca juga pengertian duet 🙂