1. Pengertian sensor kamera itu apa sih ?
  2. Berapa ukuran sensor kamera dslr & jenis sensor kamera dslr?
  3. Apa yang dimaksud dengan sensor kamera ?
  4. Apa arti kata sensor kamera ? Apa itu sensor kamera ?

Pengertian Sensor Kamera


Sensor, Kecil Tapi Penting di Kamera

pengertian sensor pada kamera – Ketika kita mulai masuk ke dunia fotografi, alat utama dan pertama yang harus dikenal adalah kamera, termasuk bagian-bagiannya. Tentu komponen kamera digital akan berbeda dengan kamera film. Pada kamera film, komponen yang terpenting yang menentukan kualitas gambar yakni lensa. Namun pada kamera digital, justru sensor kamera lah yang menjadi komponen utama dan terpenting.

Dalam dunia fotografi digital, sensor adalah rangkaian elektronik yang peka terhadap cahaya. Tugasnya menggantikan film sebagai komponen yang menangkap gambar. Sekeping sensor terdiri dari rangkaian dioda peka cahaya yang dinamakan piksel. Semakin banyak jumlah piksel dalam sensor maka makin tinggi resolusinya. Dari sini makin tinggi resolusi, maka semakin detail foto yang dihasilkan. Sehingga apabila foto dicetak dalam ukuran besar, tidak merusak atau membuat gambar foto pecah.

Untuk memahami proses bagaimana peran sensor dalam menciptakan sebuah foto uraiannya begini. Setiap cahaya yang masuk ke dalam kamera, sensor bertugas mengubahnya menjadi sinyal listrik. Di titik yang kurang cahaya, maka sinyal yang dihasilkan akan rendah. Begitu pula sebaliknya, di titik yang terang cahaya akan dihasilkan sinyal listrik tinggi. Nah sinyal listrik yang sudah terbagi-bagi titik-titik rendah dan tinggi kemudian dirubah lagi menjadi sinyal digital dan selanjutnya diproses lagi di dalam kamera sehingga dapat menghasilkan sebuah gambar foto.

Berapa ukuran sensor kamera dslr?

Nah untuk ukuran sensor kamera digital berbeda-beda. Sensor dengan ukuran kecil banyak ditemukan di kamera ponsel dan kamera poket / kamera saku. Sedangkan sensor berukuran besar bisa ditemukan di kamera DSLR. Ukuran sensor sendiri ditentukan dari dimensi panjang lebar dengan dua macam standar rasio ukuran sensor, yakni format 4:3 dan format 3:2.

Seperti yang diterangkan pada awal artikel, resolusi sensor mengacu pada seberapa banyak piksel yang ada pada sebuah sensor. Kamera yang banyak kita gunakan saat ini pada umumnya memiliki resolusi yang cukup tinggi, yakni sekitar 8 mega piksel hingga 24 mega piksel. Satu mega piksel berarti 1 juta piksel. Kalau sebuah kamera memiliki 8 mega piksel, maka kamera tersebut dapat menghasilkan ukuran foto maksimal 3.264 x 2.448 piksel atau jika dikalikan sekitar 8.001.700 piksel.

Apa fungsi sensor kamera dslr?

Sebenarnya sensor hanya mengenali intensitas cahaya yang masuk kamera kemudian diubah menjadi sinyal listrik. Cahaya yang dikenali sensor hanya terang dan gelap saja atau istilahnya grayscale. Untuk dapat menangkap informasi warna objek foto, sensor kamera digital dilengkapi filter warna dasar yakni merah, hijau dan biru atau dikenal dengan RGB. Kombinasi tiga warna dasar inilah yang nanti bisa menghasilkan berbagai macam warna yang diolah dalam kamera. Hingga akhirnya kita dapat melihat hasilnya pada layar kecil kamera digital kita.

Dikarenakan harga sensor kamera dslr yang cukup mahal, maka mau tidak mau kita harus tau cara membersihkan kamera dslr dengan cleaning kit sehingga sensor kamera kita bisa terawat dengan baik.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian sensor kamera. Baca juga fungsi battery grip pada kamera dslr.