1. Pengertian fosil pandu itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan fosil pandu ?
  3. Apa arti kata fosil pandu ?
  4. Apa itu fosil pandu ?

Pengertian Fosil Pandu Menurut Para Ahli


Arti fosil pandu adalah :

Pengertian fosil pandu adalah suatu jenis fosil yang memberikan petunjuk tentang kehidupan zaman prasejarah. (Eryadi, S.Pd : 2007)

Definisi fosil pandu adalah fosil yang memberi panduan untuk mengetahui kehidupan manusia purba. Fosil pandu disebut juga dengan leitfosil. (Drs. Prawoto, M.Pd. : 2007) 


Bumi ini sudah ada sejak ribuan hingga jutaan tahun yang lalu atau bahkan lebih. Sebelum kita ada di bumi ini, sebelumnya sudah ada manusia lain yang pernah hidup dan tinggal di bumi ini. Bentuknya memang berbeda dengan kita saat ini. Bentuk kita sekarang memang sudah bisa dikatakan sempurna ketimbang manusia zaman purba kala. Perbadaan ini dapat dilihat dari cara berjalan, besar badannya, cara bertindak, berpikir, apa yang dikonsumsi, dan masih banyak lagi. Namun bentuk sempurna seperti sekarang ini kita dapatkan dari hasil perkembangan manusia di zaman dulu.

Kehidupan manusia zaman dulu pastilah meninggalkan bekas atau sisa, selain artefak, dan benda sejarah lainnya, kita bisa menemukan fosil. Apa itu fosil? Fosil adalah sisa-sisa atau kerangka makhluk hidup bisa hewan, tumbuhan, ataupun manusia yang terbentuk dari hasil sedimen atau endapan-endapan. Proses terbentuknya terjadi selama alamiah, seiring dengan perkembangan zaman.

Fosil memang jarang ditemukan karena fosil itu sendiri bisa saja hancur karena proses alam, seperti longsor atau lainnya. Saat meneliti fosil, para arkeolog menggunakan fosil pandu. Apa itu fosil pandu?

Fosil pandu atau leitfosil adalah jenis fosil yang memiliki ciri-ciri khusus mengenai kehidupan manusia yang ada di bumi saat zaman purbakala pada suatu lapisan tertentu. Fosil pandu ini sendiri bukanlah jenis fosil, namun hanya sebuah “sebutan” untuk fosil yang berhasil ditemukan yang nantinya akan memberi petunjuk arah tentang kehidupan manusia zaman prasejarah.

Untuk dapat menemukan fosil, tentunya para arkeolog harus menggali tanah terlebih dahulu. Pada kedalaman beberapa meter nantinya akan ditemui fosil dengan ciri tertentu. Selain menemukan fosil, arkeolog biasanya akan menemukan sumber kehidupan lainnya. Misalnya tempat tinggal manusia zaman purba dimasa lampau.

Contoh sumber kehidupan yang berhasil ditemukan oleh para arkeolog:

  • Hasil temuan Abris Sous Roche yaitu tempat perlindungan bawah tanah yang ditemukan di Teluk Triton, Irian Jaya, di Pulau Seram, dan di Sulawesi Selatan
  • Penemuan Kjokkenmoddinger yang berhasil ditemukan di Medan, Sumatera Utara dan di daerah Langsa (Aceh)
  • Alat-alat yang digunakan manusia zaman purba semasa hidupnya seperti kapak lonjong, kapak genggam, beliung persegi, dan lain sebagainya

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian fosil pandu atau leitfosil. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian fosil pandu secara umum ya ! Baca juga pengertian fosil dan contohnya 🙂