1. Pengertian gurun dan manfaatnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan gurun dan manfaatnya ?
  3. Apa arti kata gurun ? Apa itu gurun ?
  4. Apa manfaat gurun bagi manusia?

Pengertian Gurun Menurut Para Ahli


Arti gurun adalah :

Pengertian gurun adalah suatu wilayah yang menerima curah hujan kurang dari 250 mm setiap tahun. Ciri-ciri daerah gurun yaitu curah hujan sangat rendah kurang dari 25 cm/tahun, tanah tandus dikarenakan  ketidakmampuannya dalam menyimpan air, perbedaan suhu di malam hari dan di siang hari sangat extreme, kelembapan udara sangat rendah dan kecepatan penguapan air lebih cepat daripada curah hujan (presipitasi).(Samadi, S.Pd, M.Si : 2006)

Definisi gurun adalah suatu kawasan padang luas di mana jenis tanah didominasi oleh pasir (maka seringkali disebut juga dengan padang pasir) hingga menjadi kering dan tandus dan sangat sulit ditumbuhi tanaman. Gurun terluas di planet bumi adalah Gurun Sahara. (Jaya Suprana : 1997) 


pengertian dan fungsi gurun – Gurun atau sering disebut dengan padang gurun atau padang pasir adalah suatu wilayah yang jarang sekali mendapat curah hujan yakni hanya sebesar 250 mm per tahunnya. Cuaca di gurun juga terkenal sangat panas, karena jarangnya turun hujan namun matahari memancarkan sinar yang sangat terik. Di gurun itu sendiri jarang ditemui kehidupan karena keadaan tempatnya yang tidak mendukung dan tidak memungkinkan untuk dihuni manusia. apalagi di gurun tidak ada tumbuh-tumbuhan, dan transportasi umum serta airnya juga sangat sedikit, sudah pastilah manusia akan cepat mati bila memutuskan untuk menetap dan tinggal di gurun.

Sebagian besar dari wilayah gurun terdiri dari permukaan batu karang. Bukit pasir yang bernama erg dan permukaan batuannya adalah bentuk lain dari gurun. Wilayah gurun yang sangat kering seringkali dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan benda-benda hasil peninggalan sejarah dan fosil. Air tanah yang terdapat pada gurun juga terbilang asin karena larutan garam dalam tanah cenderung tidak berpindah karena pencucian air maupun drainase.

Letak astronomis gurun berada pada 200 sampai 300 Lintang Utara dan Lintang Selatan yang dimulai dari wilayah Pantai Atlantik yang berada di Afrika sampai ke wilayah Asia bagian Tengah. Di wilayah ini terdapat berbagai nama gurun yang terkenal dan juga luas, antara lain Gurun Sahara, Gurun Gobi, dan Gurun Arab.

Komponen-komponen yang terdapat pada gurun, antara lain:

  1. Komponen abiotik, yang terdiri dari suhum tanah, dan air
  2. Komponen abiotik, yang terdiri dari:
  • Tumbuhan (flora), seperti kaktus, pohon korma, dan pohon zaitun
  • Hewan (fauna), seperti unta, ular, tikus, kadal, dan serangga

Lalu apa manfaat ekosistem padang gurun / manfaat gurun pasir bagi manusia? Jika ditelaah, sebenarnya gurun ini memiliki sejumlah manfaat terutama bagi keanekaragaman hayati yang ada di padang gurun itu sendiri, antara lain:

  • Tanaman yang tumbuh di gurun dapat digunakan dan dimanfaatkan dalam kehidupan manusia
  • Cangkang tebal kura-kura yang ada di gurun dapat membantu menghilangkan kekurangan air dalam tubuhnya
  • Tempat hidup spesies semut yang ada di gurun. Semut-semut ini dapat bertahan hidup dengan cara mengumpulkan biji dari tumbuhan yang ada di gurun dan menyimpannya saat musim kemarau tiba
  • Sebagai tempat hidup hewan reptil, seperti ular kobra, ular raja, ular derik, dan jenis ular lainnya
  • Sebagai tempat hidup berbagai jenis burung
  • Sebagai tempat kehidupan mamalia, mulai dari mamalia kecil maupun besar
  • Daerah gurun dapat dijadikan sebagai daerah wisata bagi orang-orang yang ingin menjelajah dan merasakan suasana di gurun
  • Dapat dijadakan sebagai arena olahraga seperti balapan unta, dan lain sebagainya

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian gurun dan manfaatnya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian dan manfaat gurun secara umum ya ! Baca juga pengertian gurun sahara 🙂