1. Pengertian ginjal beserta fungsinya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan ginjal ?
  3. Apa fungsi ginjal pada tubuh manusia ?
  4. Apa fungsi ginjal yang utama ?
  5. Apa itu ginjal ?

Pengertian Ginjal Menurut Para Ahli


Definisi ginjal adalah :

Pengertian ginjal adalah organ tubuh manusia yang terletak di dalam rongga perut di ruas-ruas tulang pinggang sebelah kiri dan kanan yang berjumlah sepasang dan warnanya merah tua. Berat ginjal pada umumnya sekitar 0,5% dari berat badannya. Fungsi utama ginjal adalah sebagai organ yang berfungsi untuk mengekskresikan zat-zat sisa metabolisme tubuh yang mengandung nitrogen, misalnya amonia. Fungsi ginjal lainnya adalah untuk mengekresikan zat-zat yang berlebih seperti vitamin dan sebagai pengatur keseimbangan air (osmoregulasi). (Dr. Eng. Mikrajuddin Abdullah, M.Si. dkk : 2007) 


Pengertian Ginjal

 

Ginjal adalah organ ekskresi dalam vertebrata yang bentuknya mirip seperti kacang dengan sisi cekungnya menghadap ke medial atau sumbu tengah tubuh. Apa ciri ciri ginjal manusia? Ciri ciri ginjal pada manusia yaitu pada bagian yang menghadap medial itu terdapat hilus ginjal yang gunanya sebagai tempat masuknya pembuluh darah, pembuluh limfa, saraf, dan ureter yang masuk dan keluar dari ginjal. Ginjal adalah salah satu bagian dari urin yang berfungsi untuk menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan akan membuangnya bersamaan dengan air dalam bentuk urin.

Manusia memiliki sepasang ginjal, yang letaknya tepat di belakang perut atau abdomen. Ginjal ini terletak di kanan dan di kiri tulang belakang, tepatnya di bawah hati dan limpa manusia. Pada bagian atas ginjal terdapat kelenjar adrenal disebut juga kelenjar supraneral. Sebagian dari bagian atas ginjal akan tertutup dan terlindung oleh iga kesebelas dan kedua belas. Kedua ginjal manusia akan dibungkus oleh dua lapisan lemak (yaitu lemak perirenal dan lemak pararenal) yang gunanya untuk membantu meredam goncangan.

Berat dan ukuran ginjal manusia tergantung pada jenis kelamin, usia, dan lengkap atau tidaknya ginjal yang ada dalam tubuh manusia. Rata-rata ukuran ginjal manusia adalah: panjang 11.5 cm, lebar 6 cm, dan tebal 3.5 cm. Ginjal juga memiliki berat yang bervariasi yaitu antara 120-170 gram. Letak ginjal kanan lebih rendah daripada ginjal kiri. Maka dari itu, jika seseorang hanya mempunyai satu ginjal saja maka ginjalnya tersebut akan bekerja lebih keras sehingga akan membuat ginjal tersebut menjadi lebih besar.

Pada ginjal, darah yang membawa sisa-sisa hasil metabolisme tubuh akan disaring (difilter) dalam glomerulus lalu hasil dari saringannya akan dialirkan ke tubulus-tubulus yang akan melakukan penyerapan kembali (rearbsorpsi). Zat-zat hasil sisa metabolisme tubuh yang telah melewati kesua fase di atas akan dikeluarkan atau diekskresi bersama dengan air dalam bentuk air seni atau urine.

Fungsi Ginjal Manusia

Apa fungsi ginjal pada manusia / apa fungsi ginjal bagi tubuh manusia? Fungsi ginjal manusia adalah sebagai berikut :

  • Membersihkan darah dari hasil sisa-sisa zat beracun dalam metabolisme tubuh
  • Mengatur volume cairan dalam tubh manusia dengan memanfaatkan hormon aldosteron dan anti diuretic hormone (ADH)
  • Mengatur metabolisme kalsium dan vitamin D dalam tubuh manusia
  • Mengatur pH darah manusia agar tidak terlalu asam
  • Menghasilkan eritropoetin, renin, kalsitroil atau vitamin D3 dalam tubuh manusia

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian ginjal beserta fungsinya. Semoga kalian bisa menjelaskan apa fungsi ginjal pada tubuh manusia secara umum ya ! Baca juga pengertian ginjal bocor dan penyebabnya 🙂